Wagub Abdul Fatah Resmi Tutup JUMBARA III PMR Pangkalpinang

PANGKALPINANG,Aspirasipos.com – Wakil Gubernur (Wagub) yang juga Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitun (Babel), Abdul Fatah, secara resmi menutup Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) III Kota Pangkalpinang.

Kedatangan Wagub di Lokasi Penutupan JUMBARA, disambut yel-yel relawan PMR, Pengurus PMI dan Panitia JUMBARA III PMR Pangkalpinang.

Kegiatan Penutupan JUMBARA tingkat Kota Pangkalpinang yang berlangsung di Bumi Perkemahan BBG, Pasir Padi, Pangkalpinang, pada Minggu (8/9/2019) pagi tersebut, dilakukan melalui Apel yang diikuti 493 Peserta JUMBARA III PMR Pangkalpinang.

Selain para peserta, juga Ikut hadir dalam Apel Penutupan JUMBARA yang dilaksanakan sejak tanggal 5 – 8 September 2019 itu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Babel, Laksmi Abdul Fatah, Sekretaris dan Jajaran Pengurus PMI Provinsi Babel, Sekretaris dan Jajaran Pengurus PMI Kota Pangkalpinang, dan Para Pembina PMR yang menjadi peserta JUMBARA III.

Wagub dalam arahannya mengaku bangga atas terselenggara dan suksesnya pelaksanaan JUMBARA III PMR Tingkat Kota Pangkalpinang ini. Wagub berharap, kegiatan ini, agar bisa dilaksanakan untuk tahun-tahun berikutnya.

Sebab, dijelaskan Wagub, JUMBARA III PMR ini, kegiatannya sangat positif, dimana rangkaian kegiatannya satu diantaranya untuk membentuk karakter dan mental generasi yang baik.

“PMR adalah kawah candra di muka, yakni wadah pembentukan generasi masa depan bangsa. Dengan memiliki karakter dan mental positif, maka kedepan, maka daerah ini khususnya dan bangsa ini, akan melahirkan generasi muda yang memiliki kemampuan komperehensif,” ujar Wagub.

Melalui penempaan karakter dan mental selama lebih kurang empat hari ini, mari, Wagub mengajak, anggota PMR untuk menggalang persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai generasi di usia produktif, ditegaskan Ketua PMI Babel, Anggota PMR harus peduli terhadap lingkungan masing-masing, apakah itu masalah yang positif maupun yang negatif, dan harus mampu mencari jalan keluarnya.

Menurut Abdul Fatah, anggota PMR ini adalah pemimpin bagi diri masing-masing, dan calon pemimpin untuk daerah, nasional, bangsa dan negara di masa mendatang.

Disamping itu, Abdul Fatah mengingatkan, pada tahun 2020, akan ada event JUMBARA Tingkat Provinsi Babel, dan JUMBARA Tingkat Nasional tahun 2021 yang memungkinkan akan dilaksanakan di Provinsi Babel.

Untuk hal di atas, Ketua PMI Babel ini, mengajak, semuanya dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi dua event besar tersebut.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana JUMBARA III Pangkalpinang, Marini Purnomo menyampaikan, kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peningkatan peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR dan sebagai pendidik sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup, diikuti sebanyak 493 peserta, terdiri dari Pangkalpinang 382 orang, peserta tamu dari Bangka Barat dan Bangka Selatan sebanyak 111 orang.

Di dalam JUMBARA ada sejumlah kegiatan yang diikuti Peserta, diantaranya Travelling Kepalangmerahan, simulasi PP, Mading, Melukis Tong Sampah, Pentas Senin, dan Dialog dengan Guru Pembina PMR.

Dikesempatan terpisah, Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyono, mengucapkan terima kasih dan penghargaannya kepada Wagub yang juga selaku Ketua PMI Provinsi Babel, karena telah bersedia hadir dan menutup langsung JUMBARA III Pangkalpinang Tahun 2019 ini.

“Kehadiran Wagub yang juga Ketua PMI Provinsi Babel ini, bagi kami dan peserta JUMBARA III tentu sangat memberikan arti tersendiri. Salah satunya adalah dorongan bagi kami dan para anggota PMR yang notabennya adalah Pelajar dan generasi muda bangsa di masa mendatang, untuk terus berkiprah, khususnya dalam bidang kemanuasiaan,” kata Wahyono.

Acara Penutupan JUMBARA III PMR Pangkalpinang, turut dimeriahkan dengan Pembagian hadiah kepada para Pemenang sejumlah Lomba selama berlangsungnya JUMBARA, oleh Wagub merangkap Ketua PMI Babel, Abdul Fatah.

Berikut Nama-nama Pemenang Juara:

Lomba Kerapian Tenda

MAN 1 Pangkalpinang

Kontingen Favorit

SMAN 3 Pangkalpinang

Juara Umum

SMAN 3 Pangkalpinang

Data: Panitia JUMBARA III Pangkalpinang”( Ap/red)

Sumber: Humas Prov Babel
Penulis : Wahyono/Ahmad

FacebookTwitterWhatsAppFacebook Messenger

red-1ap

Berusaha memperbaiki dengan tidak melanggar aturan,

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *