ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

131 Peserta Ikuti webinar Sosialisasi Pembentukan PPID Desa

BANGKA BELITUNG – Melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman meminta Sudarman untuk mempercepat pembentukan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa di Babel.

Hal tersebut dilakukan guna meminimalisir sengketa informasi publik yang kerap terjadi dalam pemerintahan.

Untuk melaksanakan program tersebut, Komisi Informasi Bangka Belitung hari ini selasa 21 Juli 2020 menyelenggarakan webinar sosialisasi pembentukan PPID desa se-Bangka Belitung .

Kegiatan ini diikuti oleh 131 peserta dari perwakilan pemdes di tujuh kabupaten/kota di Babel dengan menghadirkan narasumber dari Komisi Informasi Babel, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Prov. Kepulauan Babel, dan Ketua Forum Komunikasi Desa Bojonegoro.

Webinar ini bertujuan untuk menjabarkan pentingnya keterbukaan informasi yang diamananatkan oleh Undang-Undang No.  14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan KI No. 1 tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.

Oleh karena itu, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Prov. Kepulauan Babel akan fokus membentuk PPID sampai pada tingkat paling bawah yaitu desa.

Menurut Erzaldi yang ikut dalam webinar itu , Pembentukan PPID di tingkat desa ini bertujuan untuk meminimalisir masalah-masalah di desa , Terlebih saat ini desa mengelola dana yang cukup besar, sehingga masyarakat perlu mengetahui bagaimana pengelolaan dana tersebut.

Dipaparkannya dalam kondisi keterbukaan informasi saat ini, mengingat masyarakat kita semakin cerdas, maka pemdes sebagai PPID desa agar bersungguh-sungguh melaksanakan keterbukaan infomasi publik sesuai aturan yang ada.

Kedepannya nanti diharapkan pemerintah desa dapat menerapkan keterbukaan informasi di websitenya untuk meminimalisir permasalahan yang sering timbul di masa sekarang ini.( rd1/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *