Gaess, Ini Cara Bersihin HP untuk Cegah Virus

Pangkalpinang— Aspirasipos.com, Hp atau ponsel pintar sudah menjadi kebutuhan esensial bagi sebagian besar orang untuk berkomunikasi. Setiap saat Anda mungkin selalu menyentuh HP Anda, namun tahukah Anda bahwa kuman di HP lebih banyak jumlah dari kuman di kamar mandi? 

Kondisi ini dapat memicu paparan infeksi dan penyakit, dikutip dari situs dokterseht, kita jadi cari tahu bagaimana cara membersihkan HP Anda di sini.

Fakta tentang Kuman di HP

Berdasarkan laporan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC), HP termasuk dalam high-touch surface atau benda-benda yang paling sering disentuh termasuk juga keyboard, tablet, meja, gagang pintu, dan tempat tidur.

HP Anda memiliki potensi sebagai perantara paparan virus, bakteri, dan kuman berbahaya lainnya sehingga sangat disarankan untuk dibersihkan secara teratur karena mungkin mengandung e.coli, coliforms, staphylococcus aureus, enterobacteria, bahkan virus Corona dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

sumber gambar: jalantikus

Penelitian yang dipublikasikan di Wall Street Journal menyampaikan bahwa sebuah HP memiliki sekitar 33.200 CFU atau unit pembentuk koloni. Penelitian lainnya juga melaporkan bahwa sebuah ponsel dapat mengandung kuman 10 kali lipat lebih banyak dari kuman yang ada di toilet.

Walaupun demikian, sebagian besar orang yang memiliki ponsel tidak pernah membersihkan ponselnya karena ponsel adalah benda teknologi yang dianggap nudah rusak bila dibersihkan. Selain itu, ponsel yang cenderung mahal, terlihat mewah, dan bagus dianggap bersih jadi tidak perlu dibersihkan lagi namun sebenarnya ponsel Anda adalah benda yang sangat kotor.

Seorang ahli mikrobiologi dari University of Arizona pun melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa kuman dari ponsel Anda tidak hanya memaparkan tangan, namun juga mulut dan telinga saat Anda karenaterlalu dekat dengan wajah saat Anda sedang menelepon sehingga sangat penting untuk untuk membersihkannya secara teratur.

Cara Membersihkan HP untuk Menghindari Virus

Penelitian menyatakan bahwa benda-benda yang umumnya dianggap bersih ternyata mengandung lebih banyak kuman yang membahayakan, termasuk HP Anda sendiri. Membersihkan HP juga termasuk dalam pemeliharaan kesehatan dan kebersihan. Berikut ini cara membersihkan HP yang benar:

Bahan dan Alat yang Anda Butuhkan

Siapkan bahan dan alat sederhana untuk membersihkan HP, yaitu:

• Kain microfiber bebas serat atau kain lap yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata. Banyak produsen ponsel pintar yang memberikan secara gratis sebagai perangkat pelengkap HP

• Cotton Swab atau cotton bud

• Air suling atau air putih siap minum

• Alkohol 70% atau isopropil untuk membersihkan permukaan HP

• Siapkan screen guard atau pelindung layar dan casing HP baru bila perlu

Setelah semua bahan sudah siap, Anda dapat membersihkan HP dengan mudah dan cepat.

sumber gambar : inet

Langkah-Langkah Membersihkan HP

Ikuti cara membersihkan layar HP berikut ini:

• Matikan HP Anda sebelum membersihkannya agar tetap aman

• Lepaskan lapisan casing belakang dan semua aksesori yang menempel di HP Anda

• Anda dapat melepaskan screen protector bila perlu, namun Anda mungkin akan merusaknya dan lebih baik mengganti yang baru

• Bila tidak ingin mengganti screen protector yang baru, sebaiknya tidak perlu melepaskannya

• Apabila Anda menggunakan ponsel dengan baterai dan keyboard atau keypad yang bisa dilepas, maka lepaskan agar bisa dibersihkan dengan baik

• Celupkan cotton bud ke alkohol namun jangan terlalu basah untuk menghindari tetesan alkohol masuk ke mesin HP

• Cara membersihkan layar HP adalah dengan menggosokan cotton bud yang sudah dicelup alkohol dengan lembut

• Anda harus berhati-hati saat membersihkan area dekat speaker HP agar tetesan tidak masuk ke dalam speaker

• Cara membersihkan casing HP yang terbuat dari plastik adalah dengan celupan alkohol, sementara hanya gunakan cotton bud yang dicelup air bila casing terbuat dari besi atau metal

• Pada bagian kamera dan flash, bersihkan juga dengan cotton bud yang dicelup air dengan arah memutar agar tidak menimbulkan bekas lapisan serta tidak membuat kamera jadi kering dan buram

• Setelah Anda sudah membersihkan seluruh permukaan HP, biarkan kering

• Gunakan kain microfiber bebas serat atau lap lensa kacamata untuk pembersihan tahap akhir

• Basahi kain microfiber secukupnya, jangan sampai ada air menetes. Kelembapan usapan kain microfiber akan membantu mengatasi kerak atau goresan

• Lap HP Anda mulai dari bagian atas (speaker untuk telinga) ke bagian bawah (mikrofon untuk telepon) dengan asupan satu arah

• Bersihkan juga sela-sela kecil seperti bagian speaker, flash, atau di sekitar tombol volume

• Jangan mengelapnya dengan gerakan melingkar karena akan menimbulkan bekas lapisan melingkar, terutama pada bagian layar HP

• Tunggu sebentar hingga HP Anda kering sepenuhnya dan HP Anda sudah bersih sekarang

Itulah cara membersihkan HP. Pastikan juga Anda mengelapnya dengan sangat lembut agar HP tidak tergores. Anda juga dianjurkan untuk membersihkan aksesoris yang ada di HP Anda seperti casing plastik yang biasa digunakan untuk melindungi HP dari benturan saat jatuh. Gunakan campuran alkohol dan air dengan perbandingan 60:40 untuk membersihkannya.

Apa yang Harus Dihindari Saat Membersihkan HP

Anda harus membersihkan HP Anda tanpa merusaknya. Berikut ini adalah hal-hal yang tidak boleh dilakukan saat Anda sedang membersihkan HP:

• Jangan menggunakan produk pembersih yang mengandung amonia atau bahan kimia lainnya karena akan merusak LCD HP Anda

• Jangan menggunakan semprotan aerosol

• Jangan menggunakan tisu atau kain yang kasar karena akan menggores layar atau casing HP Anda

• Jangan menyemprotkan cairan apapun secara langsung ke layar ponsel karena akan merusak mesin elektronik HP

Apabila Anda menggunakan casing HP yang terbuat dari kulit, maka gunakan produk pembersih kulit khusus untuk membersihkan dan melembabkan permukaan kulit. Anda juga dapat menggunakan tisu sekali pakai yang dirancang khusus teknologi tinggi  sinar UV untuk membersihkan, mendesinfeksi, dan menghancurkan bakteri di permukaan ponsel yang dipasarkan oleh produsen seluler terkait.

Anda dapat mengikuti cara membersihkan casing HP yang mudah dan efektif tersebut. Anda disarankan untuk membersihkan permukaan HP Anda karena virus dapat hidup di permukaan hingga 3 hari, berdasarkan Princeton dan University of Los Angeles.

Anda mungkin sudah mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda umum seperti gagang pintu atau tombol lift, namun itu semua akan sia-sia karena virus sudah terpapar di HP Anda, sementara kebanyakan orang tidak pernah mencuci tangan setelah memegang HP. Terlebih lagi, sebagian besar orang juga sering memegang HP sambil makan.

Sekarang ini, terdapat pandemi global Coronavirus terus berkembang. Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyebarannya adalah dengan menjaga kebersihan dan kesehatan diri sendiri, termasuk mencuci tangan, makan sehat, dan membersihkan benda-benda pribadi yang sering disentuh.(**) 

Editor: LH

Sumber : doktersehat.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Update Terbaru: ‘Super Gila’ Harga Dollar Capai 16 ribu

5 bulan Yang Lalu
Pangkalpinang — Aspirasipos.com, Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pada siang ini tembus Rp 16.200. Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat (20/3/2020), dolar AS telah menguat 262 poin atau 1,6% sepanjang hari ini. Hingga pukul […]
error: Content is protected !!