KILAS DAERAH

Jadi Khotib Jumat, Gubernur Sampaikan 5 Tanda Haji Yang Mabrur

Dalam khotbahnya pada Jumat (7/9/2018), Gubernur Erzaldi menyampaikan 5 tanda seseorang menjadi Haji yang Mabrur. “Pertama, seorang Haji yang Mabrur adalah haji yang tidak lagi melakukan maksiat atau dosa seperti yang dilakukannya sebelum berhaji,” jelas Gubernur.

Kedua, seorang haji yang mabrur adalah haji yang melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dalam hal keyakinan, atau iman, atau akidah, maupun tauhid. Tanda haji yang mabrur Ketiga, adalah adanya perubahan kearah yang lebih baik dalam hal ibadah.

“Jika semula ia enggan mendirikan sholat berjemaah, setelah berhaji ia akan rutin menjalankan sholat secara berjemaah,” ungkap Gubernur Erzaldi. Tanda Keempat, adalah terjadi perubahan dalam hal muamalah dan akhlak.

Muamalah, dijelaskan Gubernur Erzaldi, adalah hal-hal yang terkait dengan hubungan sesama manusia. Dan tanda haji yang mabrur Kelima adalah zuhud (sederhana). “Al Imam Hasan Al- Basri mengatakan, Haji mabrur adalah pulang dalam keadaan zuhud terhadap dunia dan mencintai akhirat,” kataĀ Erzaldi.

Lebih lanjut disampaikan Gubernur, betapa banyak di antara umat ini yang menunaikan ibadah haji dengan harta haram yang diperoleh dari hasil riba, menipu, korupsi atau sejenisnya yang tergolong haram.

“Betapa banyak umat ini berhaji hanya karena riya, agar dipanggil pak haji, bu hajjah. Atau betapa banyak para jemaah haji yang ke tanah suci hanya untuk berburu air zam-zam, menghabiskan uang untuk membeli oleh-oleh dari arab, berfoto ria, dan meng-upload status di media sosial,” terang Gubernur Erzaldi.

Haji mabrur, ditegaskan Gubernur dalam khotbahnya, haji yang dilakukannya dengan niat yang benar, tidak riya’ atau pamer, dan didanai dengan harta yang halal, bukan riba atau harta haram, serta dilakukan dengan cara yang benar. Sholat jumat di Masjid Al-Falah Kelurahan Surya Timur ini, juga diikuti Danlanal Babel, dan sejumlah Pejabat Struktural Eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, Kapolres Bangka, dan masyarakat Kelurahan Masjid Al-Falah.(Ap/ Red)

 

Sumber : HumasPro
PenulisĀ  Ā : Imam/Ahmad

Related Posts

1 of 753