ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

BNNK Pangkalpinang Terus Upayakan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba

PANGKALPINANG – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) akan terus berupaya melakukan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di kota Pangkalpinang. Hal ini disampaikan Kepala BNNK Pangkalpinang, AKBP Ichlas Gunawan saat ditemui dikantornya, Rabu (4/10/2017).

Dikatakannya, salah satu bentuk upaya tersebut adalah kita (BNN) telah membentuk Kampung Siaga Anti Narkoba (KSAN) di beberapa kelurahan yang ada di kota Pangkalpinang.

“Mekanisme pembentukan KSAN ini pertama kita akan melakukan rapat dengan pengambil kebijakan diwilayah itu mulai dari terendah untuk mendeteksi wilayah rawan, setelah semua itu dilakukan kita akan melakukan pembinaan terhadap para penggiat anti narkoba untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat,” jelasnya.

Lebih lanjut Ichlas Gunawan menyebutkan dari seluruh KSAN yang terbentuk, baru Kelurahan Lontong Pancur dan Gabek Dua dinilainya cukul berhasil. “Tahun depan kita berencana akan menambah 10 lagi KSAN dan target kami seluruh kelurahan yang ada di Pangkalpinang semuanya menjadi KSAN walaupun secara bertahap,” ujarnya.

Selain membuat KSAN, Ichlas menjelaskan upaya lain dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba ini pihaknya sudah melakukan MOU dengan Dinas Kesehatan dan Pendidikan.

“Di dinas pendidikan sendiri kita melakukan upaya pencegahan hal tersebut secara simultan disekolah sekolah, sedangkan untuk Dinas Kesehatan sendiri kita menggunakan Puskesmas untuk rehabilitasi seperti di Melintang, Air Itam, Rangkui dan Gerunggang sudah kerja sama dengan kami,” sebutanya.

Selanjutnya lelaki yang hobi olahraga ini menjelaskan salain membentuk KSAN dan Mou dengan beberapa dinas, upaya BNNK dalam memberantas penyalahgunaan terus berlanjut dengan cara merangkul organisasi kepemudaan termasuk rekan-rekan wartawan.

“Karena saya yakin kawan kawan pers mata dan telinganya lebih peka dari saya. Maka dari itu informasi dari rekan rekan ini sangat saya butuhkan, namun hal ini bukan hanya tentang sebatas TO saja, akan tetapi apabila mengetahui ada masyrakat yang terjebak dalam penyalahgunaan dan takut untuk melapor, segera sampaikan ke kami maka saya jamin akan direhab,” pungkasnya. (rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *