Gubernur Babel Kembali Terima Penghargaan Peduli HAM, Diserahkan Wapres JK

JAKARTA ,Aspirasipos – ,Tahun 2018, benar-benar menjadi hal yang sangat istimewa bagi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),

terutama Gubernur Babel Erzaldi Rosman.

Kenapa tidak? Setelah menerima sejumlah Penghargaan tingkat nasional sejak awal tahun, bahkan hanya berselang satu hari sebelumnya, yakni 10 Desember 2018, Penghargaan sebagai Kepala Daerah Peduli Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan dari Menteri Pertanian RI, Selasa 11 Desember 2018, Penghargaan kembali diterima Gubernur Erzaldi.

Anugerah Kepala Daerah/Provinsi Peduli Hak Azasi Manusia (HAM) dari Kementerian Kumham yang bertepatan dengan Hari HAM ke-70 tersebut, diserahkan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla (JK), di Kantor Kemenkumham RI di Jalan H. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman di dampingi Kepala Biro Hukum Setda Babel, Maskupal, yang hadir langsung menerima Penghargaan Peduli HAM 2018 itu, mengaku senang atas Penghargaan yang diberikan.

Bacaan Lainnya

Menurut Gubernur, dengan penghargaan itu, Babel dinilai Kemenkumham berhasil mengkoordinatori Kabupaten/Kota dalam hal Peduli HAM di Babel.

“Sebagai pemerintah daerah yang memperhatikan HAM dan hukum, tentunya ini menjadi indikator, barometer bagi kita agar pemerintah kita menjadi on the track dalam membuat kebijakan, khususnya yang berhubungan dengan kemasrakatan dan HAM,” ujar Erzaldi.

Gubernur Erzaldi mengucapkan terima kasih atas penghargaan ini. “Tentunya kerja sama kedepan dengan Kanwil Kumham Babel kita tingkatkan lagi. Seperti baru – baru ini, kita melakukan pendidikan, pendataan hukum bagi kepala desa, sehubungan dengan pembuatan Perdes, sehingga mereka tidak terjebak dalam kesalahan,” jelas Erzaldi.

Dalam kesempatan sama, Kepala Biro Hukum Setda Babel, Maskupal menambahkan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masuk dalam 5 Provinsi di Indonesia yang menerima Penghargaan Provinsi Peduli HAM 2018.

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, disebutkan Maskupal, mendapatkan nomor urut 2 yang terpenuh melakukan pembinaan terhadap Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Kedepan, pembinaan kepada Kabupaten/Kota terus dilaksanakan, sehingga nilainya mendapatkan nilai terbaik di bidang hukum dan HAM,” imbuhnya, usai pemberian Pengharagaan, yang turut dihadiri Menteri Kumham, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Gubernur, Walikota/Bupati, dan unsur terkait lainnya itu.

Hal menarik, ternyata tak hanya di tahun 2018 ini, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga mendapatkan Penghargaan serupa pada tahun 2017.

Penghargaan Peduli HAM 2017, yang diadakan dalam acara Peringatan Hari HAM Se dunia ke-69 di The Sunan Hotel Solo, 10 Desember 2017, diserahkan oleh Presiden RI, Joko Widodo.(Ap/red).

 

Sumber: Humas
Penulis   : Hasan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan