KABAR UTAMAKILAS DAERAH

Gubernur Erzaldi Launching Kampung Radio Bukit Layang

BANGKA ,Aspirasipos.com- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman, didamping Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Babel, Sudarman, resmi melaunching Kampung Radio, di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, yang ditandai dengan pemukulan gong.

Di dalam kegiatan yang mengusung tema “Bersama mengembangkan potensi desa dan mengembangkan potensi masyakat”, dan dilaksanakan di Lapangan Sepak Bola Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, pada Selasa (18/12/2018) pagi tersebut, juga dilakukan Pengukuhan terhadap Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Bukit Layang oleh Gubernur Babel.

Dalam kesempatan itu, Gubernur memberikan apresiasi dan pujian akan inovatif dari RRI di Desa Bukit Layang ini. Menurut Erzaldi, ini adalah bagian dari mendukung perkembangan wilayah dan ekonomi masyarakat desa.

“Terobosan luar biasa. Kami mensupport gebrakan dari RRI ini, dimana memang RRI adalah garis depan dan pionir menyampaikan berita kepada masyarakat, dan kali ini juga kembali ikut mendukung pertumbuhan ekonomi di desa,” tegas Gubernur.

Gubernur melihat, banyak potensi di Bukit Layang mulai dari Udang Satang, wisata eks tambang dan Air Terjun, apabila didorong oleh pemerintah dan dibantu corong RRI, maka ini bisa jadi sesuatu yang luar biasa.

“Dengan RRI inilah saya harap memang akan menjadi senjata untuk melawan berita hoax. Saya juga  minta RRI membantu untuk ikut menyiarkan harga lada, sawit. Kita akan susun seperti apa dan siapa yang akan menyiarkannya, agar bisa dimasukan sebagai informasi untuk para petani kita, sehingga petani kita dapat langsung informasi baik dan benar tentang apa dan bagaimana perihal harga dan yang lain,” ujar Gubernur.

Melalui Kampung Radio ini, ditambahkan Gubernur, isilah dengan informasi yang memang dibutuhkan masyarakat, yakni informasi yang baik dan benar. “Saya percaya RRI selain memperkuat persatuan bangsa, juga bisa menjadi satu pendukung ekonomi rakyat,” tutup Gubernur.

Wakil Bupati Bangka, Syahbudin, pada kesempatan sama mengatakan, sudah seharusnya Desa dan Warga Desa mampu mengembangkan diri mereka melalui teknologi dan Informasi seperti Informasi dari RRI ini.

“Tantangan penyebaran informasi daerah saat ini, harus merubah sikap ke arah lebih baik, bukan ke arah lebih buruk, dan ini bagian dari tujuan pemerintah. Dengan adanya kebijakan teknologi informasi, pemerintah dituntut serius dengan ikut membantu pemberdayaan KIM. Saya mengapresiasi launching Kampung Radio ini. Selamat bagi Desa Bukit Layang yang terpilih sebagai contoh awal Kampung Radio di Babel,” kata Syahbudin.

Sebelumnya, Direktur Teknologi dan Media Baru LPP RRI, Rahdian menjelaskan, tujuan Launching adalah menggerakan dan memaksimalkan potensi dari desa.

Menurut Rahadian, Desa Bukit Layang memang memiliki potensi yang luar biasa. “Terus terang awal dari inspirasi ini, bermula dari kegiatan gotong – royong beberapa waktu lalu bersama Danramil, berdiskusi dengan Kades setempat, bersama Kadiskominfo agar kita bersama menggerakan kembali RRI di tengah tengah masyarakat desa,” ungkap Rahadian.

RRI saat ini, dikatakan Rahadian, sudah lebih jauh pada pengembangan kemampuan pemancarnya. Bahkan saat ini, aplikasinya sudah bisa digunakan di Ponsel.

“Saat ini, kita bisa mendengarkan RRI PLAY, dan kondisi Indonesia saat ini, masih dalam kondisi kondusif untuk berinvestasi, dan ini juga sudah diperdengarkan di Radio RRI di Macau, karena acara ini adalah cikal bakal mengembangkan potensi dan turut promosi kampung – kampung melalui siaran di Radio di sana,” terang Rahadian.

Selain itu, fungsi RRI masuk desa ini untuk perang terhadap Hoax, dan ini satu tugas pokok dari RRI. “Kita tidak ingin anak – anak kita nanti muncul sebagai masa depan yang percaya berita bohong, yang tentunya menyesatkan. Kenapa secara Undang Undang berita bohong itu adalah melanggar Undang Undang, dan kami juga memiliki ide melawannya dengan mengembangkan radio desa, dan meluruskan berita hoax dan terus melawan berita palsu,” pungkasnya.

Launching Kampung Radio tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda, sejumlah Kepala OPD Pemkab Bangka, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan Elemen terkait lainnya.(Ap/red).

 

Sumber: Humas Prov Babel
Penulis: Imam/Siti

Related Posts

1 of 713