Gubernur Erzaldi Rosman Menyaksikan Proses Penanaman dan Pemanenan.

BANGKA,Aspirasipos.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman didampingi Kepala Dinas Pertanian Provinsi Babel, Juaidi dan Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan, menyaksikan secara langsung proses penanaman pohon Singkong dengan cara modern.

Proses penanaman Singkong dilakukan oleh mesin, berikut proses pemanenan buah Singkong juga secara otomatis dengan mesin pengolahan Singkong, yang diperagakan oleh Pegawai PT. Sinarbatu Rusa Prima di lahan seluas satu hektar, di Desa Puding Besar, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Rabu (7/8/2019) siang.

Usai melihat langsung peragaan penanaman dan pemanenan otomatis, Gubernur mengatakan, mekanisasi pertanian dengan menggunakan mesin ini, akan menjadi contoh bagi para Petani Singkong untuk melakukan mekanisasi dengan keuntungan, akan mengefisienkan waktu penanaman dan pemanenan Singkong, sehingga nilai tukar petani nantinya akan tinggi.

Bacaan Lainnya

“Hari ini, saya melihat mekanisasi pertanian yang sudah dilakukan PT. Sinarbatu Rusa Prima ini sangat baik. Nanti, ini, akan menjadi motivasi dan contoh bagi para Petani di Babel,” kata Gubernur Erzaldi.

Irwan Suswanto Samsudin selaku Dirut PT. Sinarbatu Rusa Prima menegaskan prospek menjadi Petani Singkong sangat baik, sebab Singkong jika dijadikan Tepung Tapioka, itu sudah menjadi komoditi dunia, selain menjadi pakanan ternak bisa juga menjadi bumbu masak.

Untuk mempercepat penanama Pohon Singkong dan pemanenanya, dikatakan Irwan, mesin penanaman dan pemanenan singkong ini sangat baik, karena mensin ini bisa menanam dan memupuk sekaligus. Dengan jarak tanam sesama pohon bisa diatur, begitu juga kedalaman tanaman pohonnya, sehingga tenaga yang dikeluarkan dan waktu penanaman menjadi efesien.

“Di Indonesia sangat kurang hasil pertanian Singkong Tapioka, dan kita juga untuk memenuhi itu harus impor dari Thailand. Babel masih minim pasokan singkongnya. Harapan kita para Petani di Babel makin sejahtera, dan satu atau tiga tahun ke depan akan berkembang industri pertanian Singkong. Jika dilihat alat-alat ini sangat umum di negara Thailand,” imbuhnya.”( Ap/red)

Sumber: HumasPro
Penulis : Mislam/Ismail

Pos terkait

Tinggalkan Balasan