ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Gubernur Sumsel Sarankan Masyrakat Sholat Tarawih Dirumah

PALEMBANG, Aspirasipos.com, Menjelang tibanya Bulan suci Ramadhan 1441 H,  Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru, meminta umat Muslim melaksanakan Salat Tarawih selama Ramadan 1441 Hijriah di rumah masing-masing. Langkah ini diambil untuk memutus mata rantai virus corona di wilayah tersebut.

Dia mengakui, masyarakat di Sumsel terbiasa melaksanakan Salat Tarawih di masjid atau musala secara berjamaah. Namun selama pandemi Covid-19, kondisinya memang sedang tidak memungkinkan.

Karena itu, kami minta masyarakat Sumsel untuk Salat Tarawih di rumah masing-masing,” kata Herman Deru di Kota Palembang, Sumsel, Senin (20/4/2020).

Permintaan itu, katanya, juga sesuai dengan surat edaran Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi tentang peniadaan Salat Tarawih berjamaah di masjid pada Ramadan 1441 Hijriah.

Dijelaskannya, pada dasarnya pemerintah tidak pernah melarang warga, baik umat Islam, Kristen, Katolik, maupun lainnya, melakukan ibadah. Namun ada kebijakan sementara untuk mencegah penularan wabah virus corona.

“Masyarakat diminta tetap disiplin mematuhi kebijakan pemerintah, termasuk menjaga jarak antara satu dengan lainnya,” ujar dia.

Terkait hal-hal yang berhubungan dengan ibadah, ia akan menyerahkan sepenuhnya pada institusi yang berwenang karena pro kontra dalam menyikapi hal tersebut sangatlah berpengaruh bagi masyarakat.(rd1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *