ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Jamintel Kejagung Lengser, Jabatan Barunya Staff Ahli Bidang Perdata TUN

Jaksa Agung Muda Inetelejen Kejagung RI

JAKARTA – ASPIRASIPOS.COM- Jan Samuel Maringka resmi turun jabatan sebagai Jaksa Agung Muda bidang Intelijen, yang selama ini melekat diatas pundaknya. Jan Maringka kini menjabat sebagai staf ahli Jaksa Agung Bidang Perdata Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung RI.

Sedangkan posisi Jan Maringka isi oleh Sunarta mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum Kejaksaan Agung RI.

Pria kelahiran 11 Oktober 1963 itu lengser dari jabatannya diduga karena lalai memberikan informasi kepada pimpinan Kejaksaan Agung, perihal keberadaan buronan yang kini telah tertangkap yakni Djoko Sugiarto Tjamdra.

Inaugurasi dilakukan oleh Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin di Sasana Baharuddin Lopa, Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (12/8/20).

“Jaksa Agung melantik Pejabat Eselon I yaitu Jaksa Agung Muda Intelijen, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Jaksa Agung Muda Pengawasan, dan Staf Ahli Jaksa Agung bidang Perdata dan Tata Usaha Negara,” ujar Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejagung Hari Setyono,” kata Hari.

Adapun para Pejabat Eselon I yang dilantik yakni Fadil Zumhana sebagai Jaksa Agung Muda Pidana Umum. Dia sebelumnya menjabat Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Berikutnya, Amir Yanto dilantik sebagai Jaksa Agung Muda Pengawasan, Sunarta sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen, dan Jan Samuel Maringka sebagai Staf Ahli Jaksa Agung RI Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Hari dalam kesempatan berbeda mengatakan bahwa mutasi atau rotasi pejabat eselon I tersebut tidak terkait dengan suatu penanganan kasus, tetapi dalam rangka kepentingan organisasi dan penyegaran personel.

“Mutasi atau rotasi jabatan di lingkungan Kejaksaan RI adalah hal yang biasa sesuai dengan kebutuhan organisasi,” kata dia.

Proses rotasi atau mutasi itu disebutnya cukup lama dan baru di akhir bulan Juli 2020 diputuskan oleh Tim Penilai Akhir (TPA) Eselon I hingga kemudian diterbitkan keppres tersebut.(rd1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *