Pemprov Babel Berikan Anugerah Lingkungan Hidup Proper kepada 44 Perusahaan

PANGKALPINANG , Aspirasipos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Babel, memberikan Anugerah kepada 44 Perusahaan yang ada di Babel.

Anugerah terhadap puluhan perusahaan pada Kamis (31/1/2019) itu, diserahkan secara simbolis oleh Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Babel, Darlan, mewakili Gubernur Babel Erzaldi Rosman, di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel.

Kepala DLH Babel, Eko Kurniawan mengatakan, Anugerah ini diberikan dalam rangka melihat keseriusan perusahaan dalam hal lingkungan. Artinya, kata Eko, perusahaan yang dieavaluasi disini adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen jelas terhadap kriteria yang telah ditetapkan.

Bacaan Lainnya

“Kita DLH Babel senantiasa melakukan pembinaan-pembinaan dengan tangan terbuka. Sebetulnya kita ingin melihat perusahaan dalam menjalankan usahanya selalu paham terhadap lingkungan dan peduli terhadap beberlangsungan lingkungan hidup. Sebab, Lingkungan itu butuh keseimbangan, dan itulah yang akan kita ciptakan, termasuk dari aspek sosial masyarakat tetap kondusif,” ujar Eko.

Pemerintah dan perusahaan, ditambahkan Eko, menjadi penting dalam memfasilitasi memberikan pemahaman lingkungan kepada masyarakat.

“Kedepan, kami sangat menunggu komitmen dari perusahaan, yuk… sama-sama kita berikan pemahaman lingkungan kepada masyarakat secara umum, sehingga keberadaan kita menjadi memiliki nilai manfaat,” kata Kepala DLH.

Eko menyebutkan, 44 perusahaan yang menerima anugerah lingkungan hidup proper tahun 2018 ini, terdiri dari beberapa kategori, diantaranya hijau, biru dan merah. “Untuk yang merah kami akan terus lakukan pembinaan,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Erzaldi melalui sambutannya yang disampaikan Asisten Bidang Administrasi dan Umum Setda Babel, Darlan, menjelaskan, Proper merupakan program pembinaan terhadap perusahaan yang bertujuan mendorong ketaatan perusahaan terhadap peraturan lingkungan hidup melalui penyebaran informasi kinerjanya kepada masyarakat.

Selain itu, Proper bertujuan agar perusahaan menerapkan prinsip ekonomi hijau dengan kriteria penilaian kinerja sistem manajemen lingkungan, efisiensi energi, efisiensi air, penurunan beban air limba, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, pengelolaan Redise, Reuse, dan Recycle (3R) limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) dan limbah padat non B3, serta mengurangi kesenjangan ekonomi dengan menerapkan program pemberdayaan masyarakat.

“Dalam penilaian perusahaan, peringkat Proper dibagi menjadi lima, yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam. Peringkat terbaik adalah Emas, dan peringkat terburuk adalah hitam. Perusahaan yang memperoleh peringkat emas adalah perusahaan yang konsisten telah menunjukkan keunggulan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam proses produksi dan jasa, serta melaksanakan bisnis yang teretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat,” kutip Asisten Administrasi dan Umum.

Secara nasional, disampaikan Asisten Setda Babel, dari hasil evaluasi terhadap 1.906 Perusahaan, ditetapkan peringkat kinerja perusahaan pada Proper Periode 2017-2018, peringkat hitam ada 2 perusahaan, merah 241 perusahaan, biru 1.454 peruasahaan, hijau 155 perusahaan, dan peringkat emas 20 perusahaan.

Sedangkan untuk Babel sendiri, diungkapkan Asisten Administrasi dan Umum, dari 44 Perusahaan, 3 perusahaan mendapatkan peringkat merah, 1 perusahaan peringkat hijau, dan 40 perusahaan peringkat biru.

“Diharapkan dengan ditetapkannya peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan ini, setiap pelaku usaha yang berinvestasi di Babel dapat memberikan konstribusi nyata dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan aspek-aspek perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan,” ungkap Asisten Administrasi dan Umum.

Tak hanya itu, Gubernur Erzaldi, ditambahkan Asisten Setda Babel, juga berharap semua perusahaan yang ada di Babel sesuai dengan kriteria penilaian yang telah ditetapkan dapat diikutsertakan dalam program Proper.

Anugerah Lingkungan Hidup secara simbolis diserahkan Asisten Administrasi dan Umum tersebut, kepada PT Sahabat Mewah dan Makmur untuk peringkat hijau, dan PT Timah (Persero) Tbk unit tambang darat Sungailiat, untuk peringkat biru.

Turut hadir dalam kesempatan itu, perwakilan 44 perusahaan di Babel, yang menerima Anugerah Lingkungan Hidup Proper 2018.”(Ap/red)

 

Sumber: Humas Prov Babel
Penulis:    Ahmad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Email Hosting