Pemprov Mendukung Geopark Belitong Menuju Unesco Global Geopark

PANGKALPINANG,Aspirasipos.com – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel sangat mendukung persiapan yang dibutuhkan dalam rangka terwujudnya Geopark Belitong menuju Unesco Global geopark.

Pemprov Babel akan segera melaksanakan dan membantu hal-hal terkait dengan fasilitasi dan kewenangan provinsi. Kemudian Pemprov Babel akan mengawal pelaksanaan assessment yang akan dilakukan oleh pihak penilai dari UNESCO.

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Abdul Fatah saat memimpin Rapat Laporan Perkembangan Geopark Belitong, Penyiapan UNESCO Assesment Menuju UNESCO GLOBAL Geopark, serta Penyampaian Hasil Identifikasi Awal Perangkat Daerah dapat Membantu Fasilitasi Infrastruktur dalam Pengembangan Geopark, di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Rabu (12/12/2018) sore.

Bacaan Lainnya

Berkenaan dengan Geopark ini, Abdul Fatah akan melakukan koordinasi pengawasan dalam 1 bulan sekali, sehingga bila terdapat kendala yang dihadapi, akan dilakukan asesor.

Bila perlu, Abdul Fatah mengatakan, kendala yang dihadapai akan dibawa ke dalam forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Bangka Belitung.

Diakhir arahannya, Abdul Fatah menegaskan, keberadaan Geopark Belitong sangat penting, dan diharapkan hasil yang diberikan asesor nantinya memberikan penilaian yang sangat baik.

Sementara itu, Perwakilan Badan Pengelola Geopark Nasional Pulau Belitung, Dyah Ekowati menjelaskan, pada Bulan Juni 2019, Asesor UNESCO akan melakukan asesment terhadap Geopark Belitong, sehingga dalam waktu persiapan ini, Pemprov dan Pemda Kabupaten setempat, serta Badan Pengelola Geopark Nasional Pulau Belitung, akan saling melakukan koordinasi dalam menyelesaikan hal yang terkait dengan persiapan penilaian yang akan dilakukan asesor.

Kemudian, Dyah memaparkan hal terkait dengan persiapan dan perkembangan yang telah dilakukan selama ini, sehingga prosedur yang telah ditentukan dapat diselesaikan dengan baik, dan ke depan penilaian dar asesor membuahkan hasil yang menggembirakan.

Selain itu, Dyah juga mengharapkan dukungan Pemprov Babel dan Pemda Kabupaten dalam pelaksanaan di lapangan, dengan begitu Badan Pengelola Geopark Nasional Pulau Belitung dapat terbantu dalam memberikan segala informasi yang dibutuhkan oleh asesor nantinya.

Dyah pun berharap adanya fasilitasi dari pemerintah atas Sekretariat Badan Pengelola Geopark Nasional Pulau Belitung, sehingga dapat bekerja lebih maksimal dan keberadaannya lebih baik dan jelas.

Turut hadir pada rapat tersebut, Sekda Babel  Yan Megawandi, Kepala Balitbangda Babel, Ferry Insani, Kepala Dinas Pariwisata Babel Rivai, Kepala Koperasi dan UMKM Babel Elfiyena, dan pejabat terkait lainnya( Ap/red).

Sumber: HumasPro
Penulis  : Sentosa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan