ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Penumpang Bingung, Otoritas Bandara Sebut Penerbangan Normal, Maskapai : Masih Dibatasi

Pangkalpinang — Aspirasipos.com, Bandara dan Pelabuhan merupakan significant gate bagi suatu daerah. Dari kedua pintu inilah, para warga atau penumpang bergantian memasuki atau meninggalkan masing-masing tempat kediamannya, Jumat (10/04/2020). 

Sebelumnya, pihak Pemprov Bangka Belitung melalui Gubernur Erzaldi Rosman telah melakukan pembatasan penerbangan dari dan menuju Provinsi Bangka Belitung. Regulasi ini diambil sebagai salah satu sikap antisipatif Pemda demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di Bangka Belitung.

“Keputusan pembatasan penerbangan ini memang dilematis, di satu sisi terdapat banyak minat orang datang ke Babel, di sisi lain, orang Babel merasa khawatir akan bahayanya. Oleh karena itu saya selaku Gubernur mengambil kebijakan ini dan mohon agar bersama-sama kita laksanakan,” kata dia dilansir akun resmi Gubernur Babel

Yang lainnya, pihak maskapai juga mendapat imbasnya dari pembatasan penerbangan yang dilakukan oleh beberapa Pemda di tanah air. Karena seperti di Babel, hanya satu kali jadwal penerbangan saja yang dibolehkan, itupun hanya tujuan Jakarta saja. 

Mengingat ketika wabah seperti ini, letak Balitbang Kemenkes -yang secara resmi berhak mengeluarkan hasil tes swab- ada di Ibukota Jakarta. Pengecualian juga dikenakan pada angkutan udara yang mengangkut logistik dan BBM.

Salah satu maskapai penerbangan yang populer digunakan oleh warga ketika mereka terbang keluar daerah, diduga mengalami dampak dari pembatasan tadi.

Menurut keterangan staff Lion Air di Bandara Depati Amir, penerbangan dari dan menuju bandara ditutup sampai waktu yang belum bisa dipastikan. Dan selanjutnya harus menunggu keterangan resmi dari Pemda setempat. 

“Jadi penerbangan (dari dan menuju) Batam, Palembang, Belitung itu belum dapat beroperasi, nanti tanya saja sama Pemda untuk selanjutnya,” kata Staff tadi.   

Terpisah, Virtual Contact Centre Assistent atau disingkat VICA. Aplikasi milik Otoritas Bandara Angkasa Pura 2 ketika dihubungi wartawan menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada, jadwal penerbangan tanggal 11 besok masih berlangsung normal. 

“Kalau di data kami, tanggal 11 besok normal pak, bahkan tanggal 9 dan 10 sudah landed kok. Seluruh bandara yang dioperasikan oleh Angkasa Pura 2 -termasuk Depati Amir-  masih berlangsung normal,” sebut Customer Service VICA.(red6) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *