ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Percepatan Ekspor Komoditi Daerah, Pemprov Lakukan Ini

PANGKALPINANG -ASPIRASIPOS.COM, Dalam upaya mempercepat perekonomian Bangka Belitung (Babel). Pemprov. Kepulauan Babel melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersama pihak terkait, membentuk tim koordinasi percepatan ekspor komoditi daerah Kepulauan Babel.

Kadisperindag Sunardi melalui Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Deki Susanto mengatakan tim percepatan tersebut dibentuk dalam rangka membantu mempercepat pemulihan ekonomi nasional melalui percepatan pemulihan ekonomi Babel.

Diharapkan nantinya, dapat membantu memperkuat ekspor komoditi unggulan daerah di antaranya ekspor lada, cangkang sawit, lidi nipah, karet, manggis, durian, ikan, udang vaname, sawit serta produk UKM, IKM, dan semua yang berpotensi ekspor

Tujuan akhirnya untuk kemakmuran masyarakat Babel dari hasil devisa ekspor komoditi Babel.

“Intinya, kita berharap dengan adanya tim ini, segala ekspor komoditi unggulan daerah Babel, dapat dilakukan di Babel. Maka devisa ekspor hasilnya nanti masuk ke Babel,” ujarnya.

Menurutnya, tim koordinasi dan percepatan ekspor komoditi unggulan daerah ini, nantinya berfokus pada berberapa hal, di antaranya pengembangan dan pembinaan komoditi unggulan daerah, pemasaran dan promosi ekspor, pembiayaan ekspor, standarisasi dan sertifikasi produk unggulan daerah, kepabeanan dan logistik, serta transportasi.

Dalam Tim Koordinasi Percepatan Ekspor Komoditi Daerah Babel, Pemprov. Babel melibatkan pihak-pihak terkait yaitu Stafsus Gubernur Zamhari, Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, biro ekonomi pembangunan, beacukai, pelindo, dan Dishub Kepulauan Babel.

“Maka, dilakukan rapat bersama untuk melakukan koordinasi sekaligus melihat permasalahan, baik kekuatan dan kendala- kendala ekspor melalui pelabuhan di Bangka Belitung agar mempermudah serta mendorong  masyarakat melakukan ekspor,” pungkasnya.(red)

Sumber: Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *