Perizinan Diduga Belum Lengkap ,Perusahaan Pertambangan Nekat Bongkar Muat  Zirkon 

PANGKALPINANG,Aspirasipos.com – Bongkar Muat Mineral ikutan jenis Zirkon oleh salah stau Perusahaan Pertambangan ,senin (8/7) kemarin Menuai beragam pertanyaan bagi Masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) atas izin apa yang dimiliki oleh salah satu Perusahaan pertambangan tersebut ,sehingga Gubernur Babel harus angkat bicara terkait Bongkar muat zirkon dipelabuhan umum Pangkalbalam kemarin.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ( Babel) Erzaldi Rosman dalam tulisanya Menyebutkan, Selama tidak ada surat dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral. (ESDM )Provinsi Babel, bisa dipastikan pengiriman zirkon itu ilegal Sebut Erzaldi dipesan singkatnya.

Sementara itu ditempat terpisah ,Plt Kepala Dinas ESDM Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Ir. Rusbani, saat ditemui awak media diruang kerjanya, Menjelaskan terkait Bongkar muat mineral ikutan jenis Zirkon oleh salah satu perusahaan pertambangan di Pelabuhan umum pangkalbalam kemari “kami ESDM, sudah berkondinasi dengan pihak KSOP Pangkalbalam agar Bongkar muat zirkon itu dihentikan terlebih dahulu , karena ada dugaan dokumen yang dimiliki oleh salah satu Perusahaan pertambangan itu belum lengkap seperti izin usaha pertambangan khusus (IUPK) Pengolahan Permurnianya masih dalam tahap pengurusan.di kantor ESDM prov Babel “Jadi perusahaan itu sementara ini belum boleh melakukan Bongkar muat apalagi melakukan pengiriman antar pulau. ‘mereka boleh melakukan Bongkar muat apabila perizinan perusahaan mereka sudah selesai, semisalnya tetap melakukan pengiriman,maka pengirimannya itu diagap ilegal.Jelasnya.

Rusbani Meneruskan Bila Perusahaan pertambangan tersebut sudah mengantongi izin yang lengkap silakan saja lakukan pengiriman, namun sampai hari ini selasa (9/7/2019)

Bacaan Lainnya
perusahan pertambangan yang melakukan Bongkar Muat Zirkon di pelabuhan pangkalbalam kemarin selain belum memiliki Surat Keterangan Produksi ( SKP) yang dikeluarkan oleh kantor cabang dinas yang ada dikabupaten,dan perizinan

usaha pertambangan khusus (IUPK) Pengolahan Permurnian perusahaan itu masih dalam tahap pengurusan dikantor kita red ESDM.ungkapnya.

Ia Menambahkan ,SKP merupakan salah satu persaratan untuk melakukan Perdagangan atar pulau. dan perlu diketahui Pemerintah Khususnya ESDM Provinsi Babel belum memberikan izin apa pun ke pihak perusahaan pertambangan itu,dikarenakan perizinan mereka masih dalam kepengurusan di kantor ESDM ,sedangkan untuk penindakan atas ilegal Mining ,itu adalah tugasnya Aparat.”Kami ESDM Hanya melakukan Pengawasan dan pembinaan Bagi perusahaan pertambangan yang sifatnya legal.
Sampai berita ini dimuat Selasa (9/7/2019) awak media ini,masih terus berusaha menghubungi pemilik Perusahaan Pertambangan khusus pengolahan zirkon dan akan Menghubungi Pihak Perusahaan BBTS yang kabarnya berkerja sama dalam Pengiriman zirkon antar pulau . (Ap/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan