15 Januari 2021

ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Rapid Test Covid 19 Dijajakan Via Online

Bangka Belitung — Aspirasipos.com, Rapid Test Covid-19 saat ini adalah barang yang dinantikan oleh setiap tenaga medis di tanah air. Namun faktanya, dari update data sore ini, alat rapid test tersebut sudah dijajakan secara online, Senin (23/03/2020).

Padahal, seperti sama-sama diketahui banyak pintu masuk bandara yang sampai sekarang masih minim alat rapid test Covid19 tersebut. 

Dalam contohnya adalah, sebuah chatt pada postingan wartawan di jejaring sosial media facebook. Di narasinya, wartawan tadi menyarankan agar pihak bandara dapat meminimalisir wabah covid19 dengan melakukan test covid19 di tempat, dengan bantuan alat rapid test dari Pemerintah. Namun dijawab dengan reply harapan oleh otoritas bandara. 

“Siapp, semoga saja segera terealisasi…. Aammiinnn,” tulis akun fb otoritas bandara. 

Sementara itu, dalam penelusuran aspirasipos.com, di jejaring online, alat rapid test covid-19 ini dijual preorder oleh salah satu perusahaan asal Surabaya, dan dibandrol cukup tinggi seharga 4 juta rupiah per boksnya. 

tangkapan layar di salah satu situs jual beli online

“Barang diproduksi China, stok terbatas, waktu preorder 3 weeks, berat 1 kilogram, kondisi NEW, isi 20 pieces, 1 box 1 x pakai, demikian keterangan dalam iklan online di dunia maya. 

Sebelumnya, dikutip kompas, beberapa perusahaan besar nasional mengumpulkan donasi yang ditargetkan akan mencapai 500 miliar rupiah. Rencananya hasil donasi akan dibelanjakan untuk membantu menanggulangi wabah covid19 dan Donasi akan diwujudkan dalam bentuk 1 juta unit peralatan uji cepat (rapid test kit), 20.000 baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), dan 1 juta masker.

Terpisah, Dinas Kesehatan Pemprov Babel melalui Bagian Humas, Adinda dihubungi wartawan untuk dimintai komentarnya terkait adanya jualan online rapid test covid19, namun belum direspon dan akan terus diupayakan. (LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *