ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Setelah ke Pemprov Jateng, PPID Pemprov Babel Tambah Pengetahuan ke Demak

DEMAK,Aspirasipos.com – Setelah selesai melakukan Studi Komparasi ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), di hari ke dua, Kamis (31/10/2019), melanjutkan penambahan pengetahuan ke PPID Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak, Jateng.

Kunjungan ini, kata Yulizar, Pj Sekda Pemprov Babel, untuk mengetahui dan memahami pelayanan informasi publik di Demak yang dianggap berhasil membuat inovasi hingga meraih predikat terbaik.

“Kami (PPID Babel-red) berkunjung ke Demak untuk menambah pengetahuan tentang pengelolaan layanan informasi,” kata Pj Sekda BabelĀ  saat memberikan kata sambutan Gedung Grahadika Bina Praja Kantor Bupati Demak.

Dihadapan Sekda Demak, Singgih Setyono, yang menerima rombongan PPID Pemprov Babel,  Pj Sekda Babel menjelaskan, PPID di Babel sudah ada sejak 2013. Hingga saat ini, PPID Babel telah beberapa kali mendapatkan sengketa informasi.

“Pelayanan di PPID Babel belum berjalan maksimal. Untuk itu, kami berkunjung ke PPID Jateng kemarin, dan hari ini (Kamis-red) ke PPID Demak,” jelasnya.

Ditambahkanya, Demak cukup sukses menjalankan layanan informasi publik. Itu berarti ada langkah maju, dan diharapkan Demak bisa mensharing ilmunya agar bisa diimplementasikan di Babel.

“Semoga sharing yang didapatkan pada dua hari ini, dapat diimplementasikan. Semua bisa membuat Babel menjadi bisa sebaik Demak dalam menjalan informasi publik,” harap Yulizar.

Pj Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yulizar Adnan, mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan oleh Sekda Kabupaten Demak, kepada rombongan PPID Pemprov Babel, yang berkunjung ke PPID Demak.

Menanggapi itu, Sekda Demak Singgih Setyono mengatakan, pada tahun 2018, Pemkab Demak berada dalam posisi sebagai Kabupaten kurang informatif. Dan pada 2019, Demak sebagai peringkat 3 Kabupaten/Kota Informatif se Jateng. Hal ini dilakukan berkat komitmen bersama seluruh Kepala OPD untuk menjadikan Demak sebagai daerah terinformatif.

“Kita komitmen bersama. Melalui komitmen ini kita harapkan permohonan informasi publik oleh masyarakat dari segala komponen dapat mudah dilayani dengan cepat, tepat dan murah, efektif oleh PPID Utama Kabupaten Demak tanpa harus ada sengketa informasi,” ucapnya saat menyambut Tim PPID Babel.

Singgih menambahkan, keberhasilan yang diraih pada tahun 2019, karena ada tiga kunci dalam mempercepat pelayanan informasi di Demak, yakni komunikasi, koordinasi dan konsultasi. Ketiga ini, dilakukan dengan intensif hingga Demak bisa informatif.

“Komunikasi, koordinasi dan konsultasi baik dengan atas PPID Utama, PPID pembantu guna percepatan menjadikan Demak sebagai Kabupaten Informatif secara berkelanjutan. Come here We are open,” tambahnya.

Berbagai langkah, kata dia, dilakukan, yakni pelayanan prima, SDM prima, saspras yang memadai dan dukungan pembiayaan. Pelayanan prima dilakukan melalui penyediaan website dan aplikasi android. Disisi SDM, Pemkab Demak membentuk Struktur PPID dan admin, sosialisasi internal dan eksternal serta Bimtek.

“Website dan android PPID mobile disediakan guna mendukung pelayanan informasi,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga membangun ruang pelayanan informasi daerah serta dukungan anggaran bagi admin PPID.

“Kita bangun ruang pelayanan dan kita siapin honor bagi admin OPD yang mengelola website,” timpalnya.

Website PPID, diuraikannya, berisi data dan infornasi yang terupdate, valid dan lengkap, atau bisa dikatakan sebagai single data. Pelayanan PPID juga memiliki SOP yang jelas, sehingga data semua terupload ke dalam sistem.

“Semua data terupload di website. Sehingga pelayanan informasi publik dapat berjalan secara efektif dan maksimal, dan masyarakat pun merasakan pelayanan yang prima,” pungkasnya.

Sumber:
HumasPro
Penulis:
Andini Fajrina

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *