Tingginya Curah Hujan, Dandim 0401/Muba Himbau Warga Tingkatkan Waspada

MUBA. Aspirasipos.com – Akibat tingginya curah hujan yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Musi Banyuasin mengakibatkan banjir bandang diberbagai titik seperti di pemukiman warga tepatnya Desa Jud 1 Kecamatan Sanga Desa dan Desa Tanjung Dalam, serta Desa Dawas Kecamatan Keluang Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selantan, Sabtu 27/04. Kemarin

Berdasarkan data yang di himpun dari berbagai sumber sekitar 154 rumah warga tergenang air dan akses jalan Dawas Keluang pun lumpuh total karena terputus sehingga sulitnya mencapai titik lokasi menjadi tantangan yang harus dilalui bagi jajaran Kodim 0401/Muba dalam meninjau lokasi dan memberikan bantuan kepada warga korban banjir di beberapa Desa tersebut.

Komandan Distrik Militer (Kodim) 0401/Muba Letkol Arm Muhammad Saifudin Khoiruzzamani S.sos. mengatakan pada wartawan pada awak media, agar senantiasa warga selalu meningkatkan kewaspadaan dalam menyikapi tingginya curah hujan terutama bagi warga yang bermukim di wilayah rawan banjir.

Bacaan Lainnya

“Pada musim hujan seperti ini sudah selayaknya masyarakat selalu waspada terhadap perkembangan situasi/cuaca, khususnya intensitas hujan yang tinggi dan naiknya permukaan air sungai,” ujarnya.

Selanjutnya Dandim 0401/Muba pun menghimbau warga khusunya yang bermukim di bantaran sungai Musi agar tidak membuang sampah ke sungai maupun anak sungai, karena dapat menyumbat arus air dan mengakibatkn luapan sungai sehingga airpun memasuki dan menggenangi pemukiman penduduk.

“Bagi penduduk yang tinggal disekitar daerah aliran sungai Musi ataupun anak sungai Musi dihimbau agar lebih bijak dalam membuang sampah, baik berupa sampah rumah tangga ataupun sampah dari ladang yang berupa material lebih besar. Sehingga diharapkan tidak akan menghambat/menyumbat aliran sungai di lingkungannya,” ajaknya.

Lanjut Dandim,” Meskipun hal ini bukanlah sebagai satu-satunya cara untuk mencegah banjir, namun setidaknya akan dapat mengurangi resiko banjir tersebut,” tandasnya.

Kemudian Dandim0401/Muba selain menghimbau warga Iapun memerintahkan kepada jajarannya untuk selalu waspada dan membantu serta selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait dalam upaya penanganan setiap bencana di wilayah kabupaten Musi Banyuasin. ( Ap / Muslim )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan