20 Januari 2021

ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Tips Agar Batre iPhone Anda Awet

Aspirasipos.com– iPhone menjadi salah satu perangkat smartphone yg banyak dicari meskipun mahal, Gawai besutan Apple ini memang populer dengan spesifikasi mesin yang mumpuni. Nggak heran kalau setiap peluncuran gawai terbaru dari Apple, penggemar iPhone termasuk yang paling rajin antri sejak pagi-pagi buta.

Sayangnya, rata-rata perangkat iPhone punya satu kelemahan, yaitu baterainya yang boros. Ini tergolong masalah klasik, sih. Tapi, nggak jarang hal tersebut sangat mengganggu. Apalagi, buat kamu yang sempat pakai hp Android. Biarpun begitu, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya baterai iPhone milikmu ini jadi lebih tahan lama. Yuk, simak tips menghemat baterai iPhone berikut ini:

  1. Aktifkan Low Power Mode

Cara paling gampang buat menghemat baterai iPhonemu adalah dengan mengaktifkan fitur “Low Power Mode”. Fitur ini biasanya muncul saat baterai hpmu sudah mencapai 20 persen. Nah, saat itu, iPhonemu bakal mengeluarkan peringatan buat mengaktifkan fitur Low Power Mode. Fitur ini memang berguna banget buat menghemat konsumsi daya baterai iPhone.

Dengan mengaktifkan fitur ini, secara otomatis, hpmu bakal disetel dengan tingkat kecerahan layar rendah dan aplikasi yang sedang beroperasi di latar belakang juga bakal dihentikan. Tanpa harus menunggu lowbat, kamu bisa kok langsung mengaktifkan fitur ini secara manual. Caranya pun gampang banget. Kamu cuma perlu masuk ke dalam “Settings” > “Battery”. Pada opsi yang ada, kamu tinggal aktifkan “Low Power Mode”. Gampang, kan?

2. Matikan Fitur “Location

Kalau hp Android punya fitur “GPS”, maka iPhone punya fitur “Location”. Fitur ini punya fungsi yang sama, yaitu buat mendeteksi lokasimu saat ini. Dengan adanya fitur ini, memang kamu bakal lebih mudah dalam menjalankan aplikasi navigasi seperti Waze dan lain-lain.

Tapi fitur “Location” yang dinyalakan terus-terusan bisa bikin bateraimu gampang habis, lho. Makanya, kalau lagi nggak butuh pakai Waze, lebih baik matikan saja fitur ini. Dengan begitu, konsumsi bateraimu pun jadi terasa lebih hemat.

3. Redupkan Kecerahan Layar

Apa kamu punya kebiasaan buat menyalakan setting kecerahan layar hingga level maksimal? Memang sih, kamu jadi bisa lebih jelas mengakses aplikasi-aplikasi yang ada di dalam perangkat hpmu. Tapi, semakin terang pengaturan kecerahan layar yang kamu pakai, bakal semakin banyak pula daya baterai yang tersedot. Makanya, lebih baik kamu atur saja tingkat kecerahan sesuai dengan kebutuhan.

Atau, Pengguna juga dapat menggunakan fitur “Auto-Brightness”. Fitur ini bisa bantu kamu menyesuaikan kecerahan layar hp sesuai dengan kondisi cahaya yang ada di lingkungan sekitarmu. Fitur ini praktis banget, lho. Karena kamu nggak harus mengatur kecerahan layar secara manual. Buat mengaktifkan fitur “Auto Brightness”, kamu perlu pergi ke opsi “Settings”. Next, masuklah ke dalam menu “Accessibility”. Pilih opsi “Display & Text Size”. Geser slider “Auto-Brightness” ke sebelah kanan buat mengaktifkan fitur ini.

4. Batasi Penggunaan Aplikasi yang Menguras Daya

Streaming film dan lagu atau main game online memang menyenangkan. Apalagi, spesifikasi iPhone memang maksimalkan aktivitas multimedia apapun. Tapi, semakin berat kapasitas aplikasi yang kamu gunakan, semakin besar pula daya baterai yang bakal terpakai. Akibatnya, baterai hp iPhone jadi lebih gampang habis.

Makanya, sebisa mungkin hindari penggunaan aplikasi berat yang membebani prosesor dan RAM hpmu. Buat aplikasi game misalnya, lebih baik pilih jenis game dengan kualitas grafis yang sederhana. Misalnya, permainan puzzle atau menyusun kata. Nggak hanya menantang, konsumsi baterai iPhone pun bisa lebih terkontrol. (Rd/net)

Sumber : bli2 friends

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *