28 November 2020

ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

TR Kapolri: Delapan Kapolda di Rotasi, Dua Dicopot Terkait Prokes Covid-19

 

JAKARTA – ASPIRASIPOS.COM , Kapolri Jendral Idham Aziz mengeluarkan Surat Telegram Rahasia ( TR ) senin 16/11/2020 yang merombak tatanan dalam tubuh Polri.

Rotasi jabatan itu tertuang pada Surat Telegram Rahasia (TR) ST/3222/XI/KEP/2020 tanggal 16 November 2020.

Dalam TR Kapolri tersebut Selain mengganti delapan Kapolda, Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis juga merombak jabatan Kapolres. Kapolres yang diganti yakni Kapolres Metro Jakarta Pusat dan Kapolres Kabupaten Bogor.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono membenarkan adanya rotasi dalam tubuh Polri saat menggelar jumpa Pers di Mabes Polri senin 16/11/20202.

“Sesuai dengan TR Kapolri nomor ST/3222/XI/Kep/2020 tertanggal 16 November 2020 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri,” kata Irjen Argo dihadapan wartawan.

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Iham Azis, mencopot jabatan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudi Sufahradi. Pencopotan kedua Kapolda ini disebut-sebut sebagai imbas dari penegakan protokol kesehatan (Prokes) yang dinilai tidak tegas.

Kapolda Metro Jaya selanjutnya diisi oleh Irjen Muhammad Fadil Imran, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Timur. Sedangkan Kapolda Jawa Barat saat ini dijabat Irjen Ahmad Dofiri.

Ditambahkan Argo, Posisi Kapolres Metro Jakarta Pusat sebelumnya diisi oleh Kombes Pol Heru Novianto kini digantikan oleh Kombes Pol Hengki Haryadi. Kombes Heru kini menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobil Korbrimob Polri.

Sedangkan jabatan Kapolres Kabupaten Bogor yang dijabat oleh AKBP Roland Ronaldy kini digantikan oleh AKBP Harun. AKBP Roland kini naik jabatan sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar.

Berikut daftar nama delapan Kapolda yang di Rotasi :

Irjen Nana Sudjana dicopot dari jabatan Kapolda Metro Jaya dan diganti oleh Irjen Mohammad Fadil Imran. Irjen Nana kini menjabat sebagai Korps Ahli Kapolri.

Irjen Petrus R dimutasikan dari jabatan Kapolda Bali menjadi Pati Bareskrim Polri  Irjen Petrus digantikan oleh Irjen Putu Jayan Danu.

Irjen Baharudin Djafar dimutasikan dari jabatan Kapolda Maluku menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri. Irjen Baharudin digantikan oleh Irjen Refdi Andri.

Irjen Fadil Imran dimutasikan dari jabatannya sebagai Kapolda Jatim menjadi Kapolda Metro Jaya. Dia digantikan oleh Irjen Nico Afinta.

Irjen Nico Afinta dimutasikan dari jabatanya sebagai Kapolda Kalsel menjadi Kapolda Jatim.

Irjen Rikwanto dimutasikan dari jabatanya sebagai Kapolda Malut ke Kapolda Kalsel.

Irjen Risapudin Nursin dimutasikan dari jabatanya sebagai Kakorbinmas Baharkam Polri menjadi Kapolda Maluku.

Irjen Firman Shantyabudi dimutasikan dari jabatanya sebagai Kapolda Jambi menjadi Asisten Logistik Kapolri. Sedangkan posisinya sebagai Kapolda Jambi disisi oleh Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo. ( rd1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *