KILAS DAERAH

Wagub Abdul Fatah Pimpin Rakor, Bahas Kesiapan Babel Tuan Rumah HKSN 2021

Pangkalpinang aspirasipos.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov. Babel) siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tahun 2021. Hal tersebut sesuai hasil kesepakatan dalam rapat koordinasi lanjutan yang berlangsung di Ruang Tanjung Pesona Kantor Gubernur Babel, Selasa 14/12/21, yang di pimpin oleh Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah. 

Wagub Abdul Fatah dalam rapat menegaskan, ditetapkannya Babel selaku tuan rumah peringatan HKSN Tahun 2021, merupakan anugerah, sehingga kegiatan ini harus di persiapkan sedemikian rupa supaya semua agenda kegiatan dapat berjalan sebagaimana mestinya. 

Untuk itu, Wagub minta yang hadir dalam rapat ini nantinya dapat melaksanakan tugasnya masing-masing dengan baik, untuk itu kegiatan ini melibatkan semua elemen masyarakat yang ada di Babel. 

“Kita harus menyukseskan kegiatan HKSN di Babel, sebagai tuan rumah kita harus dapat melayani tamu-tamu kita dengan baik, apalagi kegiatan ini akan dihadiri oleh para menteri, mungkin juga Pak Presiden atau Wakil Presiden,” ungkap Abdul Fatah. 

Wagub menuturkan, HKSN dimulai sejak tahun 1945 hingga sekarang dengan tujuan untuk mempertahankan kemerdekaan RI, dan membantu masyarakat Indonesia yang kurang mampu, serta mempererat tali persaudaraan antara sesama masyarakat Indonesia di tanah air. 

Hal tersebut di tuangkan dalam Undang-undang Dasar Tahun 1945 yaitu fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara negara. 

“HKSN diselenggarakan dengan harapan dapat mengalang dan mengatasi permasalahan sosial yang terjadi di Indonesia. Seperti yang diamanatkan dalam UUD 1945 kepada kita, bahwa yang berkaitan dengan fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara, dari sinilah lahir HKSN ini,” ujar Wagub. 

Peringatan HKSN Tahun 2021, yang menjadi fokus pemerintah yaitu anak-anak yang berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Untuk diketahui bahwa, rangkaian kegiatan HKSN di Babel sudah dimulai sejak tanggal 15 hingga 20 Desember 2021, adapun kegiatan berupa menyalurkan bantuan sembako, kursi roda, kartu BPJS, dan pemberian alat bantu bagi warga penyandang disabilitas, serta rehabilitasi rumah layak huni.

Wagub Abdul Fatah berharap, peringatan HKSN di Babel lebih baik dari pada sebelumnya, demi menjaga nama baik Pemprov. Babel di mata  para tamu yang hadir, mulai dari Pemerintah Pusat, dan tamu dari provinsi di seluruh Indonesia. 

“Saya ingatkan sekali lagi, supaya setiap panitia agar dapat menjalankan amanah ini dengan baik, sehingga setiap kegiatan berjalan lancar,” tegasnya. 

Sementara Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospmd) Babel Budi Utama mengatakan, ada beberapa hal penting yang harus di persiapkan oleh tuan rumah di mulai tanggal 17 Desember 2021, karena para pejabat dari berbagai daerah mulai dari eselon I dan II sudah hadir di Babel.  Adapun kegiatan puncak HKSN ada dua tempat, yaitu tanggal 18 dan 19 di Muntok, tanggal 20 di Kantor Gubernur Babel.

“Ibu Menteri Sosial berada di Pangkalpinang tanggal 18, dan sore hari menuju Muntok, untuk itu semua panitia harus sudah siap,” ujar Budi. 

Untuk kegiatan di Pangkalpinang, pusat kegiatan di halaman Kantor Gubernur Babel dengan kegiatan pasar murah. Sedangkan kegiatan lainnya di selenggarakan di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur. Kegiatan rakor ini diikuti oleh kepala Perangkat Daerah Babel, Forkopimda Babel dan undangan lainnya. (*)

Sumber: Dinas Kominfo

Iklan

Related Posts

1 of 696