Wakil Gubernur Buka Rakerda MUI Babel

PANGKALPINANG ,Aspirasipos.com- Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, Jumat (14/12/2018) pagi, membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Babel di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur, di Air Itam Pangkalpinang.

Dalam Rakerda yang mengusung tema “Meneguhkan Peran MUI dalam Menerapkan Islam Washatiyah dan Arus Baru Ekonomi Umat” ini, juga dilakukan sosialisasi hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) MUI 2018, sekaligus Sosialisasi Sertifikasi Halal.

Wagub Abdul Fatah dalam arahannya mengatakan, acara ini sangat penting untuk menjaga tataran nilai ukhuwah islamiyah, sehingga kehidupan benar-benar bisa berjalan seiring dengan perkembangan teknologi yang demikian pesatnya.

Bacaan Lainnya

Ia sangat berharap melalui kegiatan Rakerda MUI Babel ini, akan menghasilkan yang terbaik dan tentunya dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Babel.

“Kehadiran kita pada Rakerda MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari ini adalah merupakan program yang sangat terarah. Misi kita pada hari ini adalah, bagaimana kita mengevaluasi terhadap upaya kerja yang sudah kita lakukan di tahun 2018 ini,” ungkap Wagub.

Hasil Rakerda ini, menurut Wagub, akan menjadi barometer bergerak untuk tahun 2019 nanti, apa yang dikerjakan dan apa yang dilakukan secara bersama-sama. “Hal ini kalau kita lihat, merupakan koordinasi yang baik dari MUI Pusat dan MUI di tingkat Provinsi selaku koordinator di daerah, dan MUI di Kabupaten/Kota,” tandasnya.

Lebih lanjut Wagub mengatakan, di dalam mengevaluasi kemudian didalam menyusun rencana kerja MUI Babel 2019, ini menunjukkan terpadunya sinergitas antara pusat dan daerah. Ini sangat bagus.

“Saya yakin, kalau semuanya sudah bersinergi, maka program kerja MUI Babel di tingkat provinsi dan di tingkat kabupaten/kota akan dapat terlaksana dengan baik, dan sejalan dengan program kerja MUI pusat,” ungkap Wagub.

Ditambahkan Abdul Fatah, saat ini memasuki tataran industri 4.0, yakni era digital teknologi. Pada tahap revolusi ini, semua sudah serba digitalisasi melalui berbagai aplikasi-aplikasi yang bisa dilihat dan sangat memberikan manfaat bagi kehidupan.

“Di era keterbukaan dunia sekarang ini, tentunya akan terjadi beragam persoalan-persoalan, apabila kita tidak menyikapi hal ini secara arif. Oleh karena itu, dalam kondisi dunia sekarang ini, tidak cukup kita hanya menguasai ilmu pengetahuan, dan tidak cukup kita hanya menguasai teknologi saja, tapi kita harus dibentengi dengan ilmu-ilmu yang lain, yaitu dibekali dengan keimanan dan ketaqwaan,’’ pungkas Abdul Fatah.

Sementara itu, Ketua MUI Babel, Zayadi Hamzah mengatakan, tujuan Rakerda adalah mengevaluasi program kerja yang telah dilakukan MUI Provinsi dan MUI di Kabupaten/Kota se-Babel.

Pada Rakerda MUI Babel tahun 2018, membahas 3 hal penting, Pertama, Sosialisasi Produk Halal yang telah di atur oleh Pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal, Kedua, Mensosialisasikan hasil Munas MUI 2018, dan yang Ketiga, Terkait rencana program kerja MUI baik di Provinsi maupun MUI di Kabupaten/Kota.

Zayadi menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman dan Wagub Abdul Fatah yang telah memfasilitasi terselenggaranya kegiatan Rakerda MUI Babel tahun 2018 melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Babel.

Rakerda MUI Babel yang berlangsung dari pagi hingga sore hari itu, menghadirkan narasumber Ketua MUI Pusat Korwil Sumbagsel, Sodikun, Ditreskrimum Polda Babel, Kombes Pol Budi Haryanto, Perwakilan Kanwil Kemenag Babel, Abdul Azis, Ketua MUI Babel, Zayadi Hamzah, Sekretaris MUI Babel, Ahmad Luthfi.

Hadir sebagai peserta Rakerda, Kepala Biro Kesra Setda Babel, Asyraf Suryadin, Kabag Sosial Kesehatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Biro Kesra Setda Babel, Sulaiman, perwakilan MUI di 1 Kota dan 6 Kabupaten se-Babel, Nardi Pratomo selaku Direktur LPPOM MUI Babel beserta sejumlah pengurus LPPOM MUI Babel dan jajaran pengurus MUI Babel, sejumlah perwakilan Dewan Masjid Indonesia Babel, perwakilan BAZNAS Babel serta unsur terkait lainnya.(Ap/red)

 

 

Sumber: Humas Prov Babel
Penulis: Agus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan