ASPIRASIPOS.COM

BEDA & BERIMBANG

Zaki : Lembaga Menangani Petanian bisa Bekerjasama dengan Petani

PANGKALPINANG, Aspirasipos.com – Provpinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel),Terkenal dengan penghasil  Lada Putih. “Namun dengan harga Lada dipasaran yang kian hari tidak menentu membuat para Petani Lada Putih di Babel,sebagian menyulap lahan mereka  menjadi perkebunan Singkong alias  Ubi Casesa dan perkebunan kelapa sawit,serta sebagian bercocok tanam sayur. Ucap  zaki selaku PPl di Kecamatan Simpang katis.Kabupaten Bangka Tengah Selasa (12/11/2019)

Zaki disambungan ponselnya menyebutkan ,”untuk saat ini bermacam Program pertanian sudah ditawarkan dan Bahkan disampaikan oleh dinas terkait ,namun saat ini  yang paling terpenting,bagaimana  membangun pola pikir agar petani jangan selalu bergantung pada bantuan saja. ,dan diakui oleh dirinya  teknologi sangat di perlukan  supaya produktifitas tinggi, dan untuk saat ini sebagian petani Babel lagi gencar gencanya menanam ubi Casesa, yang perlu dilakukan adalah Stabilitas harga ubi. ,dengan adanya Stbilitas itu  maka harus adanya pelatihan yang melibatkan salah satu pihak Pabrik Ubi “Jelasnya.
Sementara itu, di lapangan Sebagian petani kita arahkan  untuk bercocok tanam  sayuran , hanya saja  konsumsi masyarakat terbatas tidak bisa juga jadi andalan.”Ungkapnya 


Dirinya meneruskan sekarang ini ,yang menjadi akar permasalahnya, Sebetul nya ada SOP Budidaya ubi yang di abaikan petani, seperti tidak menggunakan pupuk dasar,  tidak dilakukan  pemyranhan rumput,  pengendalian hama tikus,  pemupukan tidak berimbang, walaun Petani kita sudah berkreasi dan mengubah pola baru ,cuma keadaan kurang mendukung padahal luas tanam tambah mencapai ratusan hektar 
Kedepan dirinya berharap baik lembaga yang manangani petanian bisa bekerjasama dalam peningkatan hasil tani dengan memperhatikan SOP dari pabrik dan berharap peningkatan SDM benar- benar diutamakan.”harap Zaki diahir percakapan Ponsel Gegamnya dengan awak media ini. (Ap/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *