KILAS DAERAHPeristiwa

Antisipasi Bencana Kebakaran, Lapas Tanjungpandan Tertibkan Jaringan Listrik Blok Hunian

Belitung ASPIRASIPOS.COM — Menindaklanjuti Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS.PR.02.02-57 tanggal 8 September 2021 tentang Penertiban Jaringan Listrik dan Peningkatan Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan Kanwil kemenkumham Babel melakukan uji kelayakan instalasi dan penertiban jaringan listrik, Senin 13/9/2021.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggandeng Kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cabang Tanjungpandan Posko Badau selaku pihak yang memiliki kompetensi untuk melakukan uji kelayakan instalasi dan penertiban jaringan listrik.

Sebelumnya Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan Romiwin Hutasoit, SH, MH telah menyurati Menejer PT PLN Cabang Tanjungandan perihal permohonan bantuan tenaga teknis untuk uji kelayakan instalasi dan penertiban jaringan listrik pada Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Kalapas juga memerintahkan jajaran Seksi Adm Kamtib dan KPLP untuk berkoordinasi dengan Polres Belitung terkait peningkatan kewaspadaan dan deteksi dini gangguan Kamtib.

Kegiatan Monitoring Blok dipimpin oleh Kasatops Patnal (Satuan Operasional Patuh Internal) Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Hardiansyah. Setiap panel kelistrikan mulai dari bangunan kantor, fasilitas layanan dan blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dilakukan pengecekan dan uji kelayakan jaringan listrik oleh Petugas PLN. Dalam pengecekan tersebut, Tim juga menyita beberapa barang yang patut diduga dapat menggangu situasi Kamtib diantaranya terminal colokan yang sudah rusak, Ketel Elemen Listrik untuk selanjutnya dimusnahkan.

Dari hasil pemeriksaan jaringan oleh Petugas PLN tidak ditemukan kerusakan jaringan yang membahayakan. Pihak PLN memberikan masukan – masukan untuk dilakukan perbaikan pada Rumah MCB yang ada di Blok serta merapikan kabel – kabel di dinding dengan Klip agar nampak lebih tertata. Dalam kesempatan tersebut, Petugas PLN juga memberikan edukasi kepada Petugas dan perwakilan WBP masing- masing Blok Hunian terkait tata cara penggunaan listrik dengan baik dan benar sehingga dapat meminimalisir faktor human error.

Kepada rekan-rekan media Kasi Binapi Giatja Lapas Kelas IIB Tanjungpandan sekaligus Kasatops Patnal Hardiansyah menjelaskan pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi WBP.

Secara rutin dilakukan razia blok hunian untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang dan berbahaya ke dalam blok hunian. Untuk kegiatan hari ini, memang menjadi atensi secara khusus merupakan instruksi langsung dari Direktur Jenderal Pemasyarakatan dan Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Babel untuk menertibakan jaringan listrik. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Sat Intelkam Polres Belitung terkait data kondisi Lapas terkini, selanjutnya pihak Polsek Badau juga rutin melakukan sambang patroli ke Lapas. Diharapkan dengan telah dilakukannya uji kelayakan instalasi dan penertiban jaringan listrik secara berkala pada Lapas Kelas IIB Tanjungpandan dapat meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terkait dengan gangguan arus listrik, dan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan tetap dalam keadaan kondusif.

“Saya mewakili Lapas Kelas IIB Tanjungpandan menyampaikan belasungkawa yang sedalam- dalamnya atas musibah kebakaran yang terjadi pada Lapas Kelas I Tangerang. Semoga kejadian ini dapat menjadi bahan evaluasi kita untuk kedepannya agar tidak terulang kembali,” tutup Hardiansyah. (*)

Sumber: Rilis Media Kontributor Berita Pemasyarakatan Lapas Kelas IIB Tanjungpandan

Iklan

Related Posts

1 of 696