Peristiwa

Dewan Pembina dan Pengurus KBO Babel Audiensi Ke Kampus UBB

Bangka Belitung (Bangka) ASPIRASIPOS.COM – Majunya dunia pendidikan tak terlepas dari peran Pers atau media massa dalam menyajikan informasi yang bersifat edukatif dan membangun guna untuk mencerdaskan masyarakat.

Selain itu, Pers memiliki potensi dalam penyelenggaraan pendidikan. Secara nyata potensi tersebut dinyatakan dalam Pasal 3 Ayat 1 UU RI Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.

Di dalam pasal ini pun disebutkan, Pers nasional mempunyai fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

Dalam menjalankan salah satu fungsinya sebagai media pendidikan inilah diharapkan informasi yang terkait dalam kegiatan jurnalistik pers dapat dijadikan sumber belajar dalam proses pendidikan bagi masyarakat.

Seiring hal ini pula, pengurus Kantor Berita Online (KBO) di bawah naungan Yayasan Media Bangka Belitung Bersatu (YMBBB), Selasa (21/9/2021) siang melakukan kunjungan ke Kampus Universitas Bangka Belitung (UBB).

Saat itu rombongan pengurus KBO termasuk seorang pembina YMBBB, Wirtsa Firdaus yang ikut hadir dalam kunjungan itu diterima langsung oleh Rektor UBB, Dr Ibrahim, S.Fil. M.Fil bersama seorang staf Humas Rektorat UBB, Agus.

Ibrahim menyambut positif kunjungan para pengurus KBO bersama rombongan menemuinya siang itu. Dalam audiensi ini Ibrahim tak menampik jika peran Pers sangat penting dalam mendukung dunia pendidikan.

“Pers berperan penting dalam dunia pendidikan. Bahkan ada beberapa orang mahasiswa yang masih aktif sebagai mahasiswa di kampus kita ini (UBB — red) ada yang terjun ke dunia jurnalistik,” ungkap Ibrahim di sela-sela audiensi bersama pengurus KBO.

Diungkapkan oleh Ibrahim jika pihaknya (UBB) sampai saat ini telah melakukan upaya guna bersinergi dengan sejumlah media massa hal ini menurutnya tak lain sebagai wujud penguatan lembaga yang dipimpinnya saat ini (UBB).

Bahkan dirinya membuka diri kepada setiap insan, Pers atau jurnalis yang memang berkeinginan bersama-sama memajukan dunia pendidikan di Provinisi Babel ini. Terlebih kampus UBB saat ini menurutnya telah mendapat kepercayaan masyarakat luar pulau Bangka, hal tersebut dibuktikan saat ini sebagian mahasiswa yang menimbah ilmu di kampus UBB justru berasal dari luar Provinsi Babel.

“Saat ini tercatat sekitar 6000 lebih mahasiswa kuliah di kampus UBB ini. Diantaranya ada 4 orang mahasiswa UBB berasal dari Papua dan sebagian pun ada juga yang berasal dari berbagai provinsi lainnya. Hal ini menunjukan jika kampus UBB menjadi kepercayaan masyarakat di luar,” terang Rektor termuda di Indonesia ini.

Oleh karenanya lagi-lagi Ibrahim meyakini jika peran Pers sangatlah penting dalam mendukung program Pemerintah dalam dunia pendidikan termasuk perguruan tinggi di daerah.

“Apalah arti kampus tanpa Pers,” pungkas Rektor UBB ini di hadapan pengurus KBO Babel.

Sementara itu, Rikky Fermana S.IP, C.Me (ketua Himpunan Pewarta Indonesia Provinsi Babel) selaku Penanggung Jawab KBO Babel mengatakan pihaknya senantiasa siap bersinergi dengan pihak Kampus UBB dalam upaya memajukan dunia pendidikan. Hal senada diungkapkan pula oleh KBO Babel, Mayres Kurniawan, AMd (ketua Persatuan Wartawan Republik Indonesia Provinsi Babel) dalam kesempatan sama.

Lain lagi Ryan Augusta Prakasa, S.Sos di sela-sela berlangsungnya percakapan, ia justru mengutarakan soal kesediaan pihak kampus UBB agar dapat membentuk Lembaga Penguji Independen Sertifikasi Profesi Jurnalis di Provinsi Babel.

“Hal ini saya pikir sangatlah tepat lantaran UBB merupakan lembaga yang independen. Terlebih kampus kan tempat melahirkan para orang-orang intelektual,” ungkap Ryan di hadapan Rektor UBB.

Terkait wacana yang disampaikan oleh ketua PJI Demokrasi Babel itu (Ryan Augusta Prakasa), Rektor UBB Dr Ibrahim pun menyambut positip. Hanya saja menurutnya saat ini kampus UBB belumlah terbentuk jurusan Komunikasi.

“Ide yang sangat bagus terkait hal itu. Insya Allah tahun depan kampus UBB nanti akan membuka jurusan Komunikasi sehingga terkait wacana yang disampaikan oleh bang Ryan Insya Allah akan kita wujudkan,” kata Ibrahim.

Di akhir pertemuan atau audiensi saat itu, Wirtsa Firdaus selaku Dewan Pembina YMBBB (KBO Babel) mengatakan pihaknya tetap konsisten dan komitmen secara bersama-sama membangun Provinsi Babel yang lebih maju termasuk memajukan dunia pendidikan.

“Untuk kerja sama dan sinergisitas antara UBB dengan para insan Pers khususnya yang tergabung dalam KBO Babel hendaknya dapat diwujudkan dan kita konsisten dan komit dalam membangun Babel dan memajukan dunia pendidikan,” tegas Wirtsa menutupi audiensi siang itu. (KBO Babel)

Iklan

Related Posts

1 of 697