BeritaEkonomiINFO BISNISINFOTEKInternasionalKABAR UTAMA

Dorong Transisi Energi di Indonesia, Norwegia Beri Dana 250juta dolar AS

Advertisements

Aspirasipos.com, Jakarta – Pemberian dana sebesar 250 juta dolar AS dari Norwegia kepada pemerintah Indonesia menjadi bukti nyata Komitmen Norwegia untuk menciptakan transisi energi di Indonesia.

“Posisi Indonesia sebagai presiden AIPA (ASEAN Inter-parliamentary assembly) dalam sidang umum ke-44 ini, mendorong kerjasama regional ASEAN dengan Norwegia dalam beberapa aspek. Pertama soal transisi energi, yakni tidak lain untuk menciptakan iklim dan  kondisi udara yang lebih baik di kawasan ASEAN,” ujar anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Kamrussamad dalam keterangannya usai dialog AIPA dengan delegasi Norwegia di Jakarta, dikutip, Rabu (9/8/2023).

Kamrussamad menyebut, Pemberian dana untuk transisi energi di Indonesia itu merupakan sebuah bukti komitmen Norwegia dalam rangka mendorong terciptanya transisi energi di Indonesia. Oleh karenanya, Indonesia melalui AIPA harus mampu melanjutkan, dan meningkatkan kerjasama yang sudah terjalin dengan baik tersebut. 

“Sehingga kehidupan di kawasan ASEAN menjadi lebih baik lagi, yang kemudian akan semakin meningkat pembangunan ekonomi kawasan tersebut. Hingga akhirnya, tercipta pengentasan kemiskinan di kawasan tersebut,”

Tidak hanya itu, Ia juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendorong perdamaian di ASEAN. Dimana menurut Kamrussamad, ASEAN merupakan sebuah komunitas yang harus terus menjadi sebuah kekuatan untuk mencapai perdamaian di seluruh dunia.

“Kami juga mendorong upaya prosperity, isu-isu kesejahteraan dalam mengatasi kemiskinan di setiap negara. Tidak hanya itu, dalam kesempatan itu juga terungkap kemungkinan kerjasama AIPA, seperti di sektor perikanan dan budaya. Dimana satu sama lain kita bisa saling mengadopsi, sehingga bisa menciptakan kekuatan ekonomi baru di regional ASEAN,”tandasnya


Sebelumnya, Kedua Menteri Luar Negeri Indonesia dan Norwegia telah menandatangani nota kesepahaman untuk mendukung pengurangan emisi dari Forestry and Other Land Use (FOLU). Kerjasama ini ditujukan untuk mendukung upaya Indonesia menurunkan emisi dari sektor kehutanan.(*)

Iklan

Related Posts

1 of 697