KABAR UTAMAPOLITIK

Era Susanto Soroti Peran Pemuda dalam Pengembangan Desa Wisata Perlang

Perlang- Aspirasipos.com, Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno dikabarkan akan datang ke Pulau Bangka khususnya ke Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah.

Diketahui, Desa Perlang merupakan desa wisata yang terpilih sebagai 50 Desa Wisata Terbaik se-Indonesia Tahun 2022 dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2021.

Tak hanya itu, Desa Wisata Perlang memiliki beberapa destinasi wisata diantaranya, Air Terjun Sadap, Bukit Bebuluh dan Danau Pading serta wisata lainnya. Sementara itu, wisata Danau Pading terus jadi primadona masyarakat hingga saat ini.

Bahkan sempat Sandiaga Uno melakukan video call dengan para pemuda yang telah berjasa mengembangkan lahan bekas tambang menjadi objek wisata.

Dengan begitu, Anggota DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Era Susanto turut bangga dan kagum atas prestasi yang sudah diraih oleh Desa Wisata Perlang menjadi Desa Wisata 50 Terbaik se-Indonesia.

“Kami bangga atas prestasi para pemuda kita, yang sudah mengembangkan wisata alam dan kini sudah menjadi daya tarik wisatawan bahkan dalam waktu dekat ini dikabarkan akan kedatangan Menteri Sandiaga Uno yang sempat melakukan Video Call beberapa bulan lalu dan menjadi Desa Wisata 50 Terbaik se-Indonesia melalui Ajang ADWI,” katanya kepada wartawan pada Jumat, 3 Juni 2022.

Selain itu, Era Susanto pun mengatakan pihak Pemerintah Daerah (Pemda) sudah turut andil dalam pengembangan desa wisata dan sudah menjadikan desa wisata Perlang menjadi percontohan.

“Saya rasa, pihak Pemda sudah ikut berkontribusi dalam pengembangan setiap destinasi wisata yang ada di Kabupaten Bangka Tengah dengan membenahi akses jalan menuju lokasi wisata, Apalagi Desa Wisata Perlang sudah menjadi desa wisata percontohan dan akan fokus pengembangan objek wisata baik wisata alam, air terjun, danau, cagar budaya, hingga snorkeling,” katanya.

Tak hanya itu, Era Susanto juga meminta kepada masyarakat khususnya kepada pemuda untuk terus meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan wisata, khususnya desa yang memiliki potensi wisata.

“Pihak Pemda sudah ikut mendukung pengembangan wisata, nah disini dibutuhkan peran serta dari pemuda dan masyarakat sehingga bisa membuka lapangan kerja dan pendapatan bagi warga sekitar, untuk itu penting sekali kesadaran masyarakat untuk terus meningkatkan kreativitas dalam mengembangkan wisata di daerahnya khusus untuk desa wisata,” tuturnya.

Era Susanto pun berharap kesadaran masyarakat dan pemuda untuk terus meningkatkan kreativitas dan kepedulian dalam mengembangkan objek wisata.

“Kita berharap dengan para pemuda yang ada di Kabupaten Bangka Tengah khususnya pemuda yang tinggal di daerah objek wisata atau desa wisata turut andil dalam pengembangannya,” harapnya. ( rd1)

 

sumber : RilisMPG

editor : MK

Iklan

Related Posts

1 of 700