Gubernur Imbau Masyarakat Mapur Ajukan Bantuan Bibit Lada ke Pemprov

BANGKA ,Aspirasipos.com– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (BabelP Erzaldi Rosman, terus mengajak masyarakat untuk giat menanam lada, termasuk di Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

“Kepada masyarakat Mapur yang ingin menanam Lada, segera  ajukan bantuan bibit Lada ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel,” imbau Gubernur, di sela-sela penyerahan bantuan Bus Sekolah gratis di halaman Kantor Desa Mapur, Sabtu kemari

Sebelum mengajukan permohonan bantuan, kata Gubernur, tolong buat kelompoknya dulu, ajukan ke Kepala Desa setempat. “Kami tunggu sampai pertengahan Januari 2019, satu kelompok 20 orang,” ujar Gubernur.

Bacaan Lainnya

Dari kelompok tersebut, dijelaskan Gubernur, per orang akan mendapatkan bantuan bibit lada unggul dan gratis sebanyak 500 bibit.

“Satu orang akan kami beri 500 bibit, diberi junjung hidup. Ku dak peduli dia kaya atau miskin, pokoknya dia mau berkebun lada. Syarat berikutnya, bibit bantuan ini, jangan pernah dijual, kalau dijual ku minta polisi menangkap,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, bibit lada bantuan yang akan diberikan kepada masyarakat poetani ini,  adalah lada yang telah diteliti oleh ahlinya selama kurang lebih 2 tahun. Jadi, bibit bantuan ini, insya Allah tahan penyakit kuning, asal cara menanamnya mengikuti aturan yang ditentukan.

Disamping itu, Gubernur Erzaldi juga mengingatkan masyarakat Petani Lada di Desa Mapur, agar tidak malas menanam Lada karena harga sahang murah. “Petani Vietnam, mau harga mahal atau murah, mereka tetap semangat menanam sahang. Di Vietnam, setahun dalam se hektar hasilnya produksi ladanya 3 ton, sementara kita di Bangka se hektar se tahun hanya 400 kg,” ungkap Gubernur.

Oleh karenanya, ditegaskan Gubernur, Petani Lada di Mapur pun, bisa mengikuti apa yang dilakukan oleh Petani Lada di Vietnam.

Ajakan Gubernur untuk menggiatkan kembali tanaman lada di Mapur, mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat. Ini terlihat saat terjadi dialog antara Petani dengan Gubernur, Petani banyak bertanya mengenai Lada, termasuk junjungnya.

Bahkan mereka siap untuk mengajukan bantuan bibit lada melalui Kades  setempat sebagaimana anjuran Gubernur Erzaldi.( Ap/red)

 

Sumber : Humas Prvo  Babel
Penulis    : Ahmad

Pos terkait

Tinggalkan Balasan