INFO BISNISKABAR UTAMANASIONALShowbiz&Entertainment

Honda TDM Jebus Sponsori Kontes Durian Taman Duku,Durian Tok Dullah Rajanya

JEBUS – ASPIRASIPOS.COM, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) mengapresiasi kegiatan kontes durian hutan, yang digelar Kelompok Tani di Taman Duku, Kecamatan Parittiga, Sabtu (22/7/2023).

Sebelum kontes durian dimulai di pagi yang cerah itu terlebih dahulu diadakan senam sehat yang diikuti ibu-ibu warga setempat yang hadir, semangat hidup sehat terlihat dari antusias warga yang ikut dalam barisan senam.

Usai senam sehat, kontes durian mulai diadakan dengan para juri yang sudah berada dilokasi.

Sebanyak 15 varietas durian hutan lokal ikut kontes durian yang ikut disponsori Honda TDM Jebus itu.
Durian yang mengikuti lomba ini kebanyakan dari kecamatan Kelapa, Jebus dan Parittiga. Nantinya, durian yang masuk ketiga besar bakal dilelang dan dibudayakan kelompok tani setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat, Azmal AZ mengatakan dengan adanya kontes durian hutan ini, akan mendapatkan durian varietas baru dari Bangka Barat yang akan didaftarkan sebagai durian andalan.

Azmal mengatakan tahun ini pemerintah memberikan bantuan 20 Hektar saprodi dan bibit melalui APBN.

“Tahun ini pemerintah ada memberikan bantuan 20 hektare saprodi dan bibit yang tersebar di Kecamatan Simpangteritip melalui APBN. Kalau tahun 2024, 60 hektare,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Disbudpar) Babar, Muhammad Ali, kegiatan itu dapat menarik wisatawan ke Bangka Barat, apalagi ke depan diselenggarakan di tempat-tempat wisata dan lebih besar lagi.

“Hanya buah durian bisa menarik wisatawan datang ke daerah, karena durian itu disebut Raja Buah. Kami sangat berharap ke depannya lebih besar lagi, sehingga berdampak pada pariwisata dan perputaran ekonomi,” ucapnya.

Dikatakan Ali, para petani atau penggiat durian harus membudayakan durian hingga banyak. Pembibitannya harus bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka Barat.

“Langkah itu, agar panennya lebih banyak dan kegiatan kontes durian lebih besar lagi dan harus digelar di kebun durian ataupun di tempat pariwisata. Sehingga yang datang mengenal pantainya kalaupun ada retribusi bisa berdampak juga dan berdampak pada UMKM sekitarnya,” katanya.

Penilaiannya dalam kontes ini berdasarkan aspek warna, ketebalan, bentuk dan tekstur. Ciri khas durian Bangka, memiliki gas. Kalau manis dan pahit itu semuanya ada di daerah mana saja.

Dari sponsorship acara kontes durian yakni dari Honda TDM Jebus, Ambrita Lesmana kepada media ini mengatakan ,dengan adanya kontes durian di Bangka Barat ini setidaknya dapat mempromosikan durian terbaik di Kabupaten Bangka Barat dan Bangka Belitung umumnya.

” Kontes durian seperti ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas varietas durian terbaik yang ada di Bangka Barat”, ujarnya.

Para pemilik durian yang memenangkan kontes disiapkan hadiah jutaan rupiah oleh penyelenggara.

Terpilih sebagai durian yang terbaik dalam kontes adalah :

  • juara I durian tok dulah pemilik Arifin
  • Juara II kasturi Pemilik bujang
  • juara III Mentega pemilik harun
Iklan

Related Posts

1 of 697