KABAR UTAMAKILAS DAERAHPeristiwa

Ikatan Bangka Beragam Hadirkan 6 Tokoh Agama di Hari Kemerdekaan RI ke-77

Bangka – Aspirasipos.com, Wujud kebinekaan yang melekat dalam kehidupan masyarakat Bangka Belitung tak diragukan lagi, hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya para tokoh agama rabu, 17/8/2022 di Kebun Jade Kabupaten Bangka Provinsi Kep  Bangka Belitung.

Bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77, ( 17 Agustus 2022 ) Ikatan Bangka Beragam Bangka Belitung ( IBB ) mengadakan kegiatan sosial  yang bertema ” Hidup rukun dan damai saling membantu dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” yang merupakan visi dari IBB itu sendiri.

Acara yang disuguhkan sederhana itu nampak memilki pesan Bhineka yang sangat kental dalam tubuh masyarakat Bangka Belitung ,  Dimana dalam acara yang diselenggarakan IBB tersebut menghadirkan 6 Tokoh Agama sekaligus yakni tokoh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghucu.

Para tokoh agama ini sengaja di undang hadir dalama acara untuk membentuk sebuah ikatan yang kuat tanpa memandang ras dan suku agama seperti yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945.

Dalam acara silaturahmi IBB tersebut , Teddy Liong selaku ketua Umum Ikatan Bangka Beragam (IBB) mengatakan kehadiran IBB dalam rangka saling membantu dalam keberagaman yang ada di Provinsi Bangka Belitung.

” Saya berharaf IBB kedepannya menjadi contoh bagi masyarakat kita untuk mengedepankan keberagaman dalam kehidupan sosial bermasyarakat, penegakan gotong royong dan saling membantu adalah hal mulia yang ada dalam tubuh IBB”, ujarnya.

Dikatakan Teddy, IBB juga  memiliki salam khas yaitu “salam ragam, yang maknanya adalah  duduk sama rata berdiri sama tinggi dan salam beragam akan menjadi identitas tersendiri bagi IBB.

“Salam beragam akan menjadi identitas tersendiri dalam tubuh IBB ,dan merupakan salam khas IBB bagi seluruh anggota IBB”, katanya.

Teddy menambahkan selama ini bentuk kepedulian akan keberagaman sudah diwujudkan oleh Ikatan Bangka Beragam Yaitu telah membantu Merenovasi dan membangun rumah ibadah yakni Mushola fisabilillah yg berada di kampung Ulim Bangka tengah, dan klenteng Kwan ini fut mo yg berada di semabung lama kota Pangkalpinang.

Program kedepannya IBB akan merencanakan dua program unggulan, selain membantu merenovasi tempatĀ  ibadah. IBBĀ  memiliki progam halo pelajar dan halo lansia, kedua program tersebutĀ  adalah program yang akan datang yang akan dilaksanakan oleh IBB.

Kedua program yang akan datang tersebut sifatnya adalah memberikanĀ  beasiswa kepada pelajar dan santunan kepada lansia.

Terpisah, humas IBB kepada media ini seusai acara mengatakan , Ikatan Bangka Beragam  hadir untuk  mewujudkan Visi yang luhur, visi yang luhur tersebut akan tercapai dengan dilaksanakannya misi – misi yang ada dalam tubuh IBB.

” Visi luhur IBB akan tercapai bilamana misi-misi IBB segera terwujud, hal- hal yang akan dilakukan IBB kedepan antara lain adalah diantaranya membantu sarana-prasana rumah ibadah, mewujudkan kepedulian sosial antar sesama, menjalin hubungan harmonis antara sesama pengurus dan anggota, mewujudkan transparansi dan manajemen organisasi, professional dan membangun tali silahturahmi antar umat beragama, pemuka agama, tokoh masyarakat serta organisasi sosial lain dan pemerintah”, ungkap syainuddin Lukman. ( red)

Iklan

Related Posts

1 of 707