BeritaKABAR UTAMAKILAS DAERAHNASIONAL

Inovasi One Day Service dan Sim Delivery Satpas Polres Bangka Berikan Kemudahan Bagi Masyarakat

Advertisements

Bangka- Aspirasipos.com, Inovasi Satpas Polres Bangka ini patut dipuji, mengedepankan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pembuatan SIM ( Surat Izin Mengemudi ) Satlantas Polres Bangka sudah menjalankan layanan ” One Day Service” dan SIM Delivery.

One Day Service adalah layanan pembuatan SIM yang dimiliki oleh Satpas Polres Bangka, sesuai taglinenya, One Day Service adalah pelayanan yang diberikan kepada masyrakat yang belum memilki SIM atau masyarakat yang ingin merubah jenis SIM yang telah dimilikinya dalam waktu pembuatan selesai dalam satu hari.

Kepada Media ini, IPTU Ellen Pricilla Caroline,S.I.K. menjelaskan apa itu layanan One Day Service dan SIM Delivery, serta proses dan biayanya.

” Kami menerapkan layanan One Day Service atau Satu hari Selesai bagi masyarakat Kabupaten Bangka yang ingin memiliki SIM atau ingin merubah Golongan SIM yang telah dimiliki, misalnya masyarakat yang telah memilki SIM A, kemudian ingin merubah Golongan SIM nya menjadi SIM B dan Golongan SIM lainnya, maka proses dari awal pembuatan SIM hingga Perubahan Golongan SIM tersebut selesai dalam waktu satu hari saja,asalkan pemohon atau masyarakat itu dinyatakan lulus melewati ujian teori dan ujian praktek yang diberikan oleh pihak kami pada hari itu juga, dan jika masyarakat/pemohon tersbut tidak lulus, kami akan memberikan kesempatan ujian ulang satu minggu kemudian,” Ungkap Kasatlantas Polres Bangka Iptu Ellen Pricilla Caroline,S.I.K.

Seijin Kapolres Bangka AKBP Indra Kurniawan,S.H., S.I.K.,M.Si, Iptu Ellen menjelaskan bahwa pada dasarnya proses pembuatan SIM itu tidaklah sulit seperti isu yang berkembang di Masyarakat,selama pemohon Sudah cukup umur dan memiliki pengetahuan tentang lalu lintas maka sangat mudah bagi pemohon tersebut untuk lulus dari ujian teori maupun ujian praktek dalam pembuatan SIM tersebut seperti yang disyaratkan dalam aturan yang ada.

“Proses pembuatan SIM itu tidaklah sulit, kalau ada yang bilang prosesnya lama itu tidak benar, yang kami lakukan di Satlantas Polres Bangka adalah melayani dengan hati kepada masyarakat Kabupaten Bangka yang ingin memilki SIM atau merubah golongan SIM dengan mempercepat proses pembutan SIM itu sendiri’, tambahnya.

SIM Delivery, Seorang anggota Satlantas Polres Bangka saat mengantarkan SIM langsung kerumah Pemohon

Selain One Day Service pelayanan yang diberikan oleh Satlantas POlres Bangka adalah SIM Delivery, SIM Delivery sendiri adalah layanan Pengantaran SIM pemohon ke alamat tinggal pemohon sesuai data yang disampaikan saat mengisi formulir permohonan baik itu SIM Baru maupun perubahan Golongan SIM.

Perlu diketahui, SIM Delivery sendiri akan berlaku bagi pemohon yang telah melengkapi syarat dan ketentuan yang berlaku dalam proses pembuatan SIM baru maupun Perubahan Golongan SIM bilamana terjadi keterlambatan bahan Matrial kartu SIM dari Polda Bangka Belitung, bila tidak ada keterlambatan maka Layanan One Day Service akan menyelesaikan proses pembuatan SIM baru maupun Perubahan Golongan SIM pada hari itu juga dan untuk layanan SIM Delivery tidak dipungut biaya alias Gratiss!!. (rd1)

Berikut Keterangannya :

Tujuan Inovasi :

Banyak SIM pada waktu keterlambatan materiil sudah tercetak dan belum di ambil juga memudahkan masyarakat Kab. Bangka yang banyak bekerja di luar kota dan tidak punya waktu untuk mengambil SIM yang sudah cetak. Pelayanan Prima dan bekerja tanpa pamrih

Mekanisme :

Setelah melaksanakan penyerahan SIM , penerima SIM diminta mengisi buku mutasi penyerahan SIM sebagai bukti SIM sudah diserahkan

Tanya Jawab :

T : Apakah SIM Saya Bisa diantarkan kerumah dengan fasilitas SIM Delivery ?

J : SIM Delivery hanya mengantarkan SIM yang sudah tercetak pada saat ada keterlambatan Material dari Polda.

T :Apakah Saya akan dipungut Biaya jika SIM saya diantarkan ke rumah ?

J : TIDAK !!! SIM Delivery tidak dipungut biaya, kami melaksanakan pelayanan kepada masyarakat secara prima dan tanpa pamrih.

T :Banyak di Media Online banyak yang mengatakan pelayanan di Satpas Bangka LAMBAT , maka SIM di antar kerumah… apakah itu benar ?

J : TIDAK !!! Pelayanan di Satpas Polres Bangka tidak sampai 1 Hari sudah selesai dan SIM sudah bisa dibawa oleh pemohon (untuk SIM Perpanjangan), untuk SIM Baru dan Peningkatan Golongan dapat jadi 1 Hari Selesai JIKA SEMUA UJIAN baik Uji Teori maupun Uji Praktek sudah dinayatakan LULUS pada hari itu, jika TIDAK LULUS, pemohon diarahkan ujian ulang 1 (satu) minggu kemudian

Iklan

Related Posts

1 of 710