Ke-Indonesiaan, mewujudkan kedamaian masyarakat dengan memaksimalkan penta helix

Ujung utara Pangkalpinang, 22 Januari 2023

 

Tututlah ilmu sampai ke Negeri China……

Bacaan Lainnya

Keutamaan menuntut ilmu menjadi pesan moral yang kuat hingga tersirat bahwa menuntut ilmu bukan lah hal yang wajib melainkan sebuah keharusan bagi seluruh umat manusia. …

Beberapa biji bambu di tanam sang petani untuk kemudian di sirami pagi dan petang dengan harapan akan tumbuh dan membesar. Hari demi hari terlewati hingga mencapai hari ke 365 dengan rutinitas penuh keyakinan menanti tumbuhnya bambu yang ditanam. Lebam bahu sang petani mengisyaratkan betapa kepenatan menjadi sahabat setia dalam menggapai impian. …..
Selang waktu kemudian terlihat beberapa benih hijau bermunculan pertanda bambu – bambu tersebut telah tumbuh sebagai jawaban dari keyakinan sang petani.

Ketidakmampuan kita melihat ada apa sebenarnya di balik gunung peradaban ini telah memaksa lepasnya anak panah kebijakan dari busur kepentingan masyarakat. Gerbong kepentingan masyarkat tidak berdiri pada rel kebijakan penyelenggara pemerintahan hingga oleng dan tanpa tujuan.

Pandai besi akan menempa parang pemotong rumput atas permintaan juru taman kota hingga pohon pinang yang tinggi rindang di tengah kota selaras dengan hijaunya rumput yang tertata rapi hasil buah tangan juru taman kota. Betapa berartinya kerjama para pandai guna dalam menghasilkan sebuah karya moderat.

Mencapai puncak gunung perdaban adalah bermulanya kesepakatan dalam mewujudkan harapan semua lapisan masyarakat, karena dengannya akan terlihat apa yang harus diperbuat. Kolaborasi atau kerjasama antar berbagai pandai guna menjadi energi untuk memulai sebuah cita. Kegigihan yang terpahat pada jiwa petani bambu pun patut di bumikan di setiap jengkal upaya kita dalam mewujudkan impian bersama.

Penta Helix yang digagas oleh cerdik pandai diyakini mampu membuat goresan indah dikanvas peradaban ini. Kepentingan masyarakat menjadi birama dalam orkestra peradaban yang di isi oleh akademisi, usahawan,penyelenggara pemerintah serta diaspora. Merujuk pada sifat dasar individu atau entitas bahwa keberadaan dan eksistensi mereka perlu mendapat tempat maka saling menhormati akan keahlian pandai guna akan mempercepat terwujudnya kedamaian.

Usahawan identik dengan semangat petani bambu, kegigihan keturunan Tiong Hoa dalam menggapai cita – citanya telah menjadikan menjadi pengusaha. Tak sedikit dari mereka akhirnya menjadi pengusaha yang sukses berkat kegigihannya. Keturunan Tiong Hoa ini disamping lazim sebagai pengusaha juga dapat menghasilkan virus positif bagi entitas lainya yang ada dalam orkestra penta helix, mereka juga dapat menjadi diaspora dalam orkestra ini. Peerpresurre yang mereka perlihatkan dengan kegigihan yang cerdas mampu merubah semangat yang lainnya . Kegigihan saudara kita keturunan Tiong Hoa ini juga telah membawa merka berada hampir di setiap pulau di Nusantara, artinya keinginan mereka berpastisipasi dalam pembangunan tidak diragukan lagi. Bahkan dalam memerdekakan Negeri ini pun patut diapresiasi tinggi.

Boen Kin To atau Tony Wen pemuda gagah berani kelahiran Sungai Liat telah membuat sebuah kenangan, renungan dan harapan. Tekadnya dalam membela Republik Indonesia secara terang – terangan tergambar dari usaha yang dilakukannya dalam menggalang masyarakat Tiong Hoa dalam menunjang revolusi nasionalis di bawah komando Bung Karno. Bahkan disaat Presiden Bung Karno dan para pemimpin bangsa yang lainnya di asingkan ke Pulau Bangka Boen Kin To mampu menyediakan hampir segala kebutuhan Bung Karno selama di Menumbing Muntok.
Semangat dan kegigihan serta saling menghargai kelebihan masing – masing dalam orkestra penta helix pada kesempatan pertama harus di nyatakan demi sebesarnya kemakmuran masyarakat khususnya Pangkalpinang. Gelombang ketidakpastian akibat resesi global yang akan menghampiri kita dipandang perlu disikapi dengan arif dan penuh semangat kebersamaan.

Slamat Tahun baru Imlek 2574 Kongzili

 

Penulis Adalah Pemerhati Sosial

Pos terkait

Tinggalkan Balasan