BeritaKABAR UTAMAKesehatanKILAS DAERAHNASIONAL

Limbah Transmart Cemari Lingkungan??, Warga Mantri Urip Pangkalpinang Keluhkan Bau Busuk 

Advertisements

PANGKALPINANG – ASPIRASIPOS.COM , Bau busuk yang menyengat mengganggu Warga yang tinggal di sekitaran Jalan Mantri Urip Dalam RT 02 / RW 01 Kelurahan Taman bunga, Kecamatan Gerunggang,Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung, 

Menurut Djumaidin warga RT 02 / RW 01, bau busuk dan menyengat itu selalu dirasakan hampir setiap hari. Aroma tak sedap menusuk hidung warga diseputaran lokasi saluran air tersebut. “Baunya itu menyengat, amis dan tidak enak,” kata Djumaidin saat dikonfirmasi wartawan, Rabu Siang(29/11/2023).
Bahkan hingga malam hari, bau menyengat itu belum hilang. 

Sementara itu, Ketua RT Setempat Bu Afriyani, juga mengakui bau menyengat yang dialami olehnya dan juga warganya, sebenarnya sudah lama dirasakan. Bahkan aroma tidak mengenakkan itu dikira bangkai hewan.

“Baunya menyengat, dan saya kira ada hewan mati. Tetapi saya cari tidak ada di sekitaran rumah. Apa yang saya rasakan juga sama dengan warga lainnya,” kata Bu Afriyani.

Setelah ditelusuri oleh dirinya bersama dengan warga, lanjut Bu Afriyani, bau menyengat itu berasal dari saluran air, yang juga menjadi saluran pembuangan Transmart.

“Setelah bersama-sama kita cari, baru tahu ternyata dari saluran air ini. Memang saluran air ini juga pembuangan limbah Transmart Pangkalpinang,” katanya.

Dengan kondisi tersebut, kata Bu Afriyani pihaknya berharap ada pengolahan limbah yang baik. “Mal sebesar ini tolonglah punya alat pengolah limbah yang baik. Jangan malah merugikan warga begini, dengan baunya yang menyengat,” ungkapnya.

Mengetahui keluhan warganya, Lurah Taman Bunga Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang,Indra Jaya langsung melakukan sidak ke lokasi yang dikeluhkan warganya. Menurut Indra Jaya, keluhan yang disampaikan warga benar adanya.

“Dari pengecekan bersama Ketua RT 02 / RW 01, diduga memang berasal dari pembuangan limbah mall ini. Nanti kami akan coba minta klarifikasi dari manajemennya,” kata Indra jaya.

Sementara itu General Manajer Store Transmart Pangkalpinang Ari Febriansyah saat dikonfirmasi melalui Telp WhatsApp
“Bau limbah dari Transmart itu sudah sesuai standart dari Dinas Lingkungan Hidup setempat,kita sendiri sudah menggunakan Bio Chemical,Biotex dan Glorin untuk mengelola Limbah tersebut dan Limbah tersebut juga yang mengelola nya Vendor,jadi kalau ada komplain dari warga saya akan cek dulu dan konfirmasi ke Vendor yang mengelola Limbah tersebut”Ungkap Ari Febriansyah.

Warga meminta pemerintah kota Pangakalpinang tanggap dalam hal ini, karena menyangkut hajat hidup orang banyak.( dr)

Iklan

Related Posts

1 of 707