Peran Babinsa Koramil 414-03/Gantung Bagi Petani Jagung

BELITUNG TIMUR,Aspirasipos.com – Kodim 0414/ Belitung melalui  Anggota Babinsa Serda Suherman melaksanakan pendampingan ketahanan pangan dalam pengecekan perkembangan pertumbuhan Jagung dan persiapan pemupukan di lahan pertanian Jagung milik Bapak Sukarso (56 thn) di  Dusun Aik Rotan Desa Dendang Kecamatan Dendang Kabupaten Belitung Timur  Kamis (16/5/2019)
Sukarso saat ditenui di perkebunan jagungnya menjelaskan bahwa lahan yang dia miliki ada
1 hektar  sedngkan untuk Bibit jagung dan pupuk diperoleh dari bantuan  Pemerintah kabupaten melalui  dinas pertanian Kabupaten Bangka Barat , “kami Petani cuma menyiapkan lahan dan perawatannya saja jelas Sukarso
Danramil 03 Gantung Kapten Czi Ahmad Tabrani menyampaikan untuk para Babinsa, agar berperan aktif membantu kesulitan warga demi untuk kesejahteraan masyarakat di segala bidang.
dan Babinsa juga diberikan  tugas untuk mencatat kendala para  Petani yang bercocok tanam Jagung dan nantinya  cacatan itu akan di sampaikan kepada Dinas  terkait untuk mencari solusi dan jalan keluarnya apabila ada kendala dalam bercocok tanam , hal ini dilakukan agar  para petani jagung mendapatkan hasil yang maksimal. Ujarnya
Setelah membantu dalam pendampingan Petani , Babinsa juga ikut serta  memberikan motivasi dan bibingan kepada  para petani jagung bagaimana cara perawatan , pemupukan tanaman jagung serta memberikan arahan kepada petani bagaimana cara untuk  penghilangkan hama jagung, agar waktu panen nanti mendapat hasil yang maksimal.Terang Danramil.
Sementara itu ,Pada pelaksanaan pendampingan itu Babinsa Koramil 414-03/Gantung ,Serda Suherman mengungkapkan “Tanaman jagung memerlukan perawatan agar bisa tumbuh optimal salah satunya adalah dengan pengendalian Gulma, tanaman pengganggu dan pengendalian hama terpadu.
“Sedangkan untuk proses  penanaman Jagung dimulai dari perlakuan Bibit, penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah dan penugalan dalam bibit Jagung sampai dengan  membersihkan tunas dan rumput pada tanaman Jagung serta perawatan tanaman itu dilakukan oleh Bapak Sukarso sendiri sebagai Pemilik Kebun jagung.Terang  Serda Suherman.
Sukarso mewakili petani jagung “mengucapkan terimakasih kepada Babinsa Koramil 414-03/Gantung ,yang mana telah bersusahpayah memperhatikan kami sebagai petani dan apa yang jadi catatan pak Suherman dapat memberikan motivasi kepada Petani lain di Desa Dendang untuk menanam jagung ,Ucap nya. “(Ap/red)
Sumber : Kodim 0414 Belitung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan