KABAR UTAMAKILAS DAERAHNASIONAL

Ribuan Wartawan Ikuti Musyawarah Besar Pers Indonesia  Pertama. 

JAKARTA,Aspirasipos.com -Musyawareah  Pers Indonesia ( MUBES) disengarakan di Sasono Utomo TMII (Gedung Negara Indonesia) yang terletak di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, pada selasa (18/12/2018 ) menjadi tempat bersejarah  terbentuknya Dewan Pers Independent  Indonesia.

Sejarah singkat Sasono Utomo TMII ini, berdasarkan penuturan pengelola gedung, selama puluhan tahun sejak dibukanya Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Sasono Utomo TMII menjadi salah satu tempat yang dijadikan sebagai Gedung Penerima hampir semua tamu negara, yang sekaligus menjadi tempat memperkenalkan Indonesia di semua bidang: ideologi, politik, ekonomi, dan sosial-budaya. Oleh karena itu dinamakan Gedung Negara Indonesia.

Usai pemaparan tentang Indonesia, termasuk filosofi bangsa Pancasila dan sesandi Bhinneka Tunggal Ika, para tamu negara akan diajak keliling Indonesia dengan melihat anjungan-anjungan tiap provinsi yang ada di areal TMII. Sayangnya, sejak Presiden Soeharto lengser, kebiasaan penerimaan tamu negara di Sasono Utomo TMII itu tidak dilanjutkan.

Pada hari Selasa, 18 Desember 2018, Sasono Utomo TMII mencatatkan satu sejarah penting Bangsa Indonesia melalui penyelenggaraan Musyawarah Besar Pers Indonesia.

Ketua Tim Pelaksana Mubes Pers Indonesia, Wilson Lalengke yang juga orang nomor satu di jajaran Sekber Pers Indonesia sekaligus Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) ini menyampaikan,  bahwa Mubes Pers Indonesia juga menggelar deklarasi dan penyamplain persnya.bahwa Pers Indonesia Independen untuk mewujudkan Kemerdekaan Pers  Negara dalam pemberdayaan Masyarakat Pers Indonesia, anggota Dewan Pers Independen yang akan dibentuk berdasarkan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers harus dari anggota dan tokoh pers dari Masing-masing Provinsi untuk anggota Dewan Pers Independen di daerah, dengan melalui tahapan penjaringan di setiap provinsi pasca Mubes oleh tim Yang dibentuk pada Pers Mubes ini dan kemudian disebarkan ke Organisasi-organisasi pers untuk diusulkan kepada Tim Formatur yang akan dibentuk

Tim Formatur yang diusulkan dan dibentuk pada Mubes Pers Indonesia kali ini terdiri dari berbagai Ketua Umum dan Persatuan Pusat yang hadir di Mubes dan perwakilan dari organisasi lokal,serta perwakilan Pimpinan Media.Sampainya
Alumni PPRA-48 Lemhannas RI tahun 2012 itu melanjutkan,
Daftar anggota Dewan Pers Independen akan dilakukan setelah Mubes dalam KONGRES PERS INDONESIA 2019 dengan konsep yang lebih Akbar dan lebih besar dengan berbagai materi dari berbagai daerah dengan jumlah anggota 10 ribu anggota,dan juga seluruh tokoh-tokoh pers nasional.Dengan demikian hasil perundingan Kongres tidak dapat dibantah atau dihalangi oleh pihak manapun ,nanti Pada saat Kongres Pers 2019, seluruh Nama-nama Anggota Dewan Pers Independen yang diusulkan untuk tingkat provinsi dan pusat akan dipilih oleh Tim Formatur sebagai kelanjutan dari kegiatan Mubes Pers Indonesia Pungkasnya
Pengurus Setwil FPII Babel
Tak ketingalan juga  sekumpulan Wartawan  Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, ( Babel) yang tergabung Dalam Seketaris Wilayah  Forum Pers independent indonesia ( FPII) Bangka Belitung, Menghadiri Mubes Pers Indonesia pertama tahun 2018.
Pengukuhan Formatur
Dewan Pers Independen di Gedung Sasono Utomo  TMII.Jakarta (.18/12/2018)
Alhamdullilah Salah satu Pengurus Setwil FPII Babel  Wan Amiludin alias Wantoni Terpilih sebagai Formatur Dewan Pers Independent  untuk Provinsi Babel,semogga apa yang telah didapat dan diamanatkan bisa bermanfaat. bagi kemerdekaan Pers. ujar bang Pur. Ketua Setwil FPII. Babel.
Bang Pur menambahkan dari Mubes Pers Indonesia  kita bertolak ke Tanjung Pinang untuk mengikuti Musyawarah Kerja Nasional ( Mukrrnas) Forum Pers independent indonesia ke dua .(Ap/Her)
Iklan

Related Posts

1 of 711