OtomotifBerita

Sambil Bawa Barang Ketika Naik Motor? Simak Tipsnya di Sini!

ASPIRASIPOS.COM – Ada kalanya kita perlu membawa barang ketika berkendara dengan sepeda motor, seperti setelah berbelanja bulanan atau saat menjalankan tugas sebagai kurir. Namun, bagaimana cara melakukannya dengan aman?

β€œ Membawa barang seperti belanjaan dari pasar untuk motor matik dan motor bebek mungkin masih mudah untuk di gantung di depan, namun tidak dengan motor sport. Motor sport mungkin untuk meletakkan barang memerlukan rear box atau sebagian orang dengan mengikatkan barang ke belakang jok, yang menjadi fokus adalah selalu jaga aspek keselamatan jika akan membawa barang di belakang jok motor” tutur Anggie Faeza Sirkandi selaku Instruktur Safety Riding Indonesia Main Dealer Honda Babel.

Berikut adalah beberapa tips untuk membawa barang dengan aman saat menggunakan sepeda motor:

  1. Pastikan Barang Terikat dengan Kuat
    Jika barang dapat diletakkan di atas jok, pastikan untuk mengikatnya dengan kuat agar tidak bergeser selama perjalanan. Sebelum memulai perjalanan, uji keamanan pengikatan dengan menggoyangkan motor sedikit ke kanan dan ke kiri. Pastikan barang tetap stabil.
  2. Perhatikan Lampu Sen
    Pastikan barang bawaan Anda tidak menutupi lampu sen belakang. Barang yang menutupi lampu sen dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena pengendara di belakang mungkin tidak melihat lampu sen Anda, terutama saat Anda hendak berbelok.
  3. Perhatikan Lebar Barang
    Pastikan lebar barang bawaan tidak melebihi lebar setang motor. Barang yang terlalu lebar dapat menyulitkan Anda saat melakukan manuver, dan bisa menghalangi pandangan melalui spion, meningkatkan risiko kecelakaan.
  4. Perhatikan Tinggi Barang
    Pastikan tinggi barang tidak melebihi punggung Anda saat duduk di atas motor. Barang yang terlalu tinggi dapat menghalangi aliran udara, membuat motor tidak stabil selama perjalanan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat membawa barang dengan aman saat berkendara dengan sepeda motor. Selalu prioritaskan keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.( honda babel )

Iklan

Related Posts

1 of 700