Sekda Serahkan Penghargaan Produktivitas Siddhakarya kepada 6 UMKM di Babel

BANGKA TENGAH Aspirasipos.com – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Yan Megawandi, menyerahkan penghargaan Produktivitas Siddhakarya tahun 2018 kepada Enam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Babel yang dinilai unggul dalam kualitas dan produktivitas.

Penyerahan dilaksanakan di Hotel Soll Marina, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Rabu, (14/11/2018).

Penyerahan penghargaan itu, dilakukan bersama Kepala Subdit Pengembangan Standardisasi Kompetensi, Dirjen Binalattas Kemenakertrans, Eko Widayanto dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Babel Ceppy N.

Bacaan Lainnya

Keenam UMKM penerima penghargaan tersebut adalah Getas Gurih DD, Kerupuk AKHO, Veni Bumbu, Getas Cap Tani, Getas Cap Piala dan Kecap Cap Mawar.

Pada Kesempatan yang sama, selain kepada Pelaku UMKM yang Produktif, Penghargaan juga diberikan kepada Kepala Daerah yang dinilai berhasil membina para pelaku UMKM, yaitu Walikota Pangkalpinang, Bupati Bangka Tengah serta Bupati Bangka.

Untuk para UMKM lainnya yang masuk dalam Nominasi Penghargaan Produktivitas Siddhakarya, juga diberikan Piagam Penghargaan.

Sekda Yan Megawandi mengawali sambutannya, mengucapkan selamat dan mengapresiasi para pelaku UMKM yang berhasil meraih Penghargaan Siddhakarya ini.

Ia berharap para pemenang dapat mewakili Babel ke tingkat yang lebih tinggi lagi, yaitu pada Penghargaan Produktivitas Paramakarya, yang akan diberikan oleh Presiden RI tahun 2019 mendatang.

Untuk itu, diharapkan bagi Pelaku UMKM yang berhasil meraih Penghargaan dan nilainya memenuhi standar untuk maju ke Paramakarya 2019, agar mempertahankan kualitasnya, bahkan untuk ditingkatkan.

Menurut Yan Megawandi, hal ini harus dikawal bersama-sama secara lintas sektor. Karena walaupun di ajang ini, tingkat produktifitasnya yang diukur, namun dibelakang itu masih ada yang lain seperti sisi manajerial, permodalan, hieginitas, teknik industrial dan promosi.

“Dinas ketenagakerjaan mendorong dalam hal produktifitas dan SDM, sementara untuk permodalan, hieginitas, industri dan promosi harus bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Perdagangan serta lainnya,” ujar Yan Megawandi.

Hal itu dikatakan Sekda Yan, jika ingin pada tahun depan Bangka Belitung meraih Penghargaan Paramakarya 2019.

Sekda Babel ini, juga mengingatkan kepada para pelaku UMKM lainnya untuk selalu meningkatkan Kualitas dan Mutu serta kehigienitasnnya.

Dikesempatan sama, Kepala Subdit Pengembangan Standarisasi Kompetensi, Dirjen Binalattas Kemenakertrans, Eko Widayanto, mengatakan, penganugerahan ini mempunyai arti yang sangat besar, karena berkaitan langsung dengan upaya besar bersama yaitu mengangkat harkat dan martabat bangsa, khususnya para pelaku UMKM.

“Tujuan pemberian penghargaan ini, juga untuk mendorong dunia usaha dan UMKM untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas daya saing usaha, sehingga dapat terus menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelas Eko.

Kegiatan ini,  diikuti puluhan Pelaku Usaha dan UMKM Se-Bangka Belitung.(Ap/ red).

 

Sumber : HumasPro
Penulis   : Lulus

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Email Hosting