BeritaHukrimKABAR UTAMAKILAS DAERAHNASIONAL

Tingkatkan Keahlian Ilmu Hukum Penyidik Polri, STIH Pertiba dan Polres Bangka Jalin Kerjasama

Advertisements

SUNGAILIAT -Aspirasipos.com, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Yayasan Perguruan Tinggi Bangka (STIH Pertiba) terus mengembangkan sayapnya untuk eksis sebagai perguruan tinggi tertua di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Setelah menjalin kerjasama dengan DPRD Provinsi Babel dalam hal pembuatan naskah akademik peraturan daerah (Perda) dan kegiatan lain, STIH Pertiba juga membicarakan kerjasama untuk peningkatan keilmuan bidang hukum para penyidik di kepolisian.

Terobosan ini digagas oleh Kapolres Bangka, AKBP Indra Kurniawan, S.H., S.I.K., M.Si yang tadi siang, Senin (22/8/2022) menerima kunjungan kerja para petinggi STIH Pertiba Pangkalpinang. Rombongan kampus dipimpin langsung oleh Ketua STIH Pertiba, Dr. H. Yandi., S.H., M.H, didampingi Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Riset, Syafri Hariansah, SH, MH, Ketua Program Magister Dr. Adistya Sunggara., S.H., M.H dan Ketua Program Sarjana, Aziz Zulkifli., S.H., M.H

Menurut Kapolres, rencana untuk membekali keilmuan penyidik dibidang hukum ini sejalan dengan program Polres Bangka berkenaan dengan peningkatan kompetensi, kapasitas dan kualifikasi SDM anggota Polri, khususnya penyidik yang perlu dibekali keahlian di bidang hukum.

“Besar harapan saya, ada peningkatan kemampuan dan kompetensi bagi penyidik, oleh sebab itu saya rasa perlu dibangun kemitraan dengan perguruan tinggi khususnya STIH Pertiba untuk memperkuat kompetensi tersebut,” ungkapnya.

Kapolres mengaku sudah mendapatkan banyak informasi tentang keunggulan STIH Pertiba dan telah mendengar pula sebelumnya banyak anggota Polri, termasuk dari Polres Bangka yang kuliah di STIH Pertiba.

“Saya juga sudah banyak mendengar dari anggota tentang hubungan baik dengan STIH Pertiba yang sudah terbangun sejak lama,” tukasnya.

Menanggapi itu, Ketua STIH Pertiba, Dr. H. Yandi menyambut baik keinginan Kapolres Bangka. Bahkan ia mengapresiasi langkah kapolres yang kuat membekali ilmu hukum para penyidik di Polres Bangka untuk kuliah di STIH Pertiba.

“Kami menyambut baik keinginan Pak Kapolres Bangka berkenaan dengan peningkatan kualifikasi dan kompetensi penyidik di Polres Bangka. Bagi kami dari perguruan tinggi, langkah Pak Kapolres Bangka ini luar biasa, kepeduliannya kepada anggota penyidik perlu diapresiasi,” tegas Yandi.

Terkait dengan jalinan kerjasama antara Polres Bangka dengan STIH Pertiba, Yandi mengatakan dalam waktu segera akan dituangkan pada Kesepakatan Bersama ( MoU) berikut rencana aksinya.

“Tadi kami sudah bicarakan beberapa langkah-langkah kongkrit untuk merealisasikan torobosan Pak Kapolres. Insha Allah dalam waktu dekat akan segera kita tuangkan dalam MoU, MoA dan IA (rencana aksi). Doakan semuanya berjalan lancar,” pungkas Dr. Yandi. (rls/1)

Iklan

Related Posts

1 of 697