BeritaBISNIS & PASAREkonomiKABAR UTAMAKILAS DAERAHNASIONAL

Gegara Mengolah Limbah Kebun Jadi Biomassa, PT. MBE Didatangi Kepala Bumdes se-Bangka Barat

Sekitar 62 Kepala Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Bangka Barat didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Desa Dinas Sosial Kabupaten Bangka Barat beserta Civitas Akademika Universitas Atma Luhur serta siswa-siswi Sekolah BUMDes Ubok Sekicing Angkatan II Kabupaten Bangka Barat
Advertisements

Selangkah Maju Mengurangi Emisi Karbon Dunia

BANGKA – Aspirasipos.com, Gudang Pabrik wood chip yang terletak di Desa Air duren kecamatan Merawang Kabupaten Bangka hari ini , selasa 8/8/2023 ramai dikunjungi warga yang mayoritasnya kaum hawa.

Pabrik pengolahan kayu sebagai produk biomassa yang mensuplai kebutuhan energi listrik di Bangka belitung ini menarik perhatian kepala Bumdes se Kabupaten Bangka Barat.

Sekitar 62 Kepala Badan Usaha Milik Desa Kabupaten Bangka Barat didampingi Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Desa Dinas Sosial Kabupaten Bangka Barat beserta Civitas Akademika Universitas Atma Luhur serta siswa-siswi Sekolah BUMDes Ubok Sekicing Angkatan II Kabupaten Bangka Barat

Kedatangan orang-orang kreatif itu ke pabrik pengolahan kayu untuk melihat langsung seperti apa proses pengolahan limbah perkebunan warga yang dibeli oleh PT. Mentari Biru Energi bekerjasama dengan KOPETINDO Babel untuk Co-firing PLTU Air Anyir .

Caption : Direktur PT. Mentari Biru Energi, Widi Pancono ( kemeja biru ) saat sedang memberikan penjelasan kepada Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Desa Bangka Barat serta siswa siswa Sekolah BUMDes Ubok Sekicing di pabrik woodchip ,Selasa 8/82023.

Kabid Pemberdayaan Masyarakat dan Kelembagaan Desa Bangka Barat, Winda kepada media ini mengungkapkan rasa bangganya dengan hadirnya PT. Mentari Biru Energi di Provinsi Bangka Belitung .

Menurutnya, Keberadaan PT. MBE ini telah memberikan semangat dan peluang usaha baru bagi masyarakat, limbah kebun yang tadinya hanya merupakan sampah kini memiliki nilai ekonomis yang dapat membantu peningkatan ekonomi pedesaan.

” Dulu kami masyarakat ini pusing kalau habis membersihkan lahan perkebunan kami, sampah sampah dari pohon yang sudah tua itu bingung mau dibuang kemana,pastinya dibakar dan itu pun butuh waktu yang lama “, keluh Winda dan disambung oleh rekan bumdes lainnya.

Dilokasi pabrik kepala BUMDes beserta siswa / siswi Sekolah BUMDes Ubok Sekicing Bangka Barat yang hadir berkesempatan melihat langsung proses produksi pengolahan limbah kayu menjadi wood chip yang siap dikirimkan ke PLTU Air Anyir, proses pengolahan kayu untuk co-firing PLTU Air Anyir itu menggunakan mesin crushing yang dapat memproduksi 10 ton biomassa dalam hitungan menit.

Masyarakat sangat bersyukur saat ini, limbah kebun yang tadinya jadi persoalan bagi warga kini bernilai ekonomis sejak hadirnya Kopetindo sebagai perpanjangan tangan PT. Mentari Biru Energi ( MBE ).

Hadir ditengah Kepala Bumdes se- Bangka Barat Direktur Utama PT. Mentari Biru Energi Widi Pancono didampingi Kopetindo Babel Setyo Gusti dan Ketua DPD PWRI Babel Mayrest Kurniawan dengan senang hati memberikan penjelasan-penjelasan terkait aktifitas perusahaan dan rencana kedepan yang jadi prioritas PT. MBE dalam rangka mengurangi emisi karbon dunia melalui produk biomassa sebagai penunjang co-firing PLTU Air Anyir.


” Kami Ucapkan Banyak terimakasih karena telah datang ke Pabrik kami dan melihat langsung proses pengolahan limbah kebun yang kemudian diolah menjadi produk biomassa berupa wood chip di pabrik ini, kami dengan senang hati akan bekerjasama dengan bumdes-bumdes yang ada di Kabupaten Bangka Barat selain dalam rangka transisi energi terbarukan, kita juga pastinya akan memperhatikan peningkatan perekonomian di daerah agar dsemua masyarakat dapat merasakan manfaatnya”, ucapnya.

Ia melanjutkan, ” PT. MBE sedang dalam tahap budidaya tanaman Kenaf bekerjasama dengan Pemkab Bangka Barat di lokasi lahan demplot yang telah disiapkan di daerah Kecamatan Kelapa, dan belum lama ini telah dikunjungi Wamentan Harvick Hasnul Qolbi untuk melihat langsung budidaya tanaman kenaf milik PT. MBE.

Kunjungan edukatif yang memberikan sebuah pengetahuan baru bagi mereka yang datang hari itu diakhiri dengan foto bersama, apa yang telah didapat saat berkunjung ke pabrik PT. MBE diharafkan menjadi sebuah kunjungan yang membawa kearah yang lebih baik lagi.

Go!!!! Blue !!

Iklan

Related Posts

1 of 701