INFO BISNISINFOTEKKABAR UTAMAKILAS DAERAHNASIONAL

Ketua BMPBB Berang, Direktur Walhi Babel Jangan Bikin Gaduh Soal Co-firing PLTU Air Anyir

Bangka – Aspirasipos.com, Belum lama ini Bupati Bangka H. Mulkan SH,MH dan OPD Terkait melakukan Peletakan Batu pertama Pembangunan pabrik wood chip PT. Mentari Biru Energi yang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perbaikan lingkungan hidup. Salah satu kegiatan utamanya adalah energi terbarukan dan pengolahan limbah untuk mendukung program pemerintah yakni co-firing untuk pembangkit listrik PLN PLTU Air anyir Bangka.

Tepatnya Senin, 10 Juli 2023 peletakan batu pertama Pembangunan pabrik yang akan memproduksi wood pellet dan wood Chip ini mendapat dukungan penuh Pemerintah Daerah yang langsung disampaikan oleh Bupati Bangka H.Mulkan SH,MH dan juga Ketua DPRD Kabupaten Bangka sebagai Wakil rakyat di pemerintahan.

Dalam Sambutannya Bupati Bangka mendukung penuh pembangunan pabrik PT. Mentari Biru Energi dan akan memberikan kemudahan dalam regulasi,begitu juga dengan ketua DPRD Bangka Iskandar SIP mengutarakan hal yang sama saat dilokasi.

Dukungan Pemerintah Daerah terhadap Pembangunan Pabrik Woodchip oleh PT. Maharaksa Biru Energi Tbk sepertinya tidak didukung oleh Direktur Wahana Lingkungan Hidup ( Walhi ) Bangka Belitung Jessix Amundian , dalam statmennya di https://www.mongabay.co.id/2023/07/17/pltu-air-anyir-solusi-energi-bersih-di-pulau-bangka/ edisi 17 Juli 2023 , dalam paragraf ke tujuh dan ke delapan yang tertulis “
“Keberadaan co-firing PLTU Air Anyir tidak pantas menggunakan label green energy. Sebab, aktivitas di hulunya tetap melepaskan karbon dan metana, dari kegiatan penambangan batubara dan penebangan kayu,” kata Jessix Amundian, Direktur Wahana Lingkungan Hidup Indonesia [Walhi] Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu [15/07/2023].( paragraf ke tujuh )

“Ini solusi palsu dari transisi energi bersih di Indonesia,” ujar Jessix.( Paragraf ke delapan ) dan paragraf selanjutnya yang berasumsi negatif tentang kehadiran PT. Mentari Biru Energi seperti tertulis di situs berita lingkungan Mongabay.co.id.

Pernyataan jessix tersebut mendapat reaksi keras dari Ketua Barisan Muda Patriot Bangka Belitung ( BMPBB ) Deki Kurniawan saat bertemu redaksi aspirasipos.com kamis, 20/7/2023 di sebuah cafe di Pangkalpinang.

Dikatakan Deki, Direktur Walhi Babel jangan membuat gaduh terhadap iklim investasi di Babel Khususnya di Kabupaten Bangka, Pembangunan Pabrik Woodchip PT. Mentari Biru Energi di Desa Air Duren Kecamatan Mendo Barat itu semata untuk membantu Program Pemerintah mengurangi emisi karbon dunia.

” Investasi di Bangka jangan diracuni dengan opini pribadi yang hanya asal bicara saja, apalagi pernyataan itu keluar dari mulut seorang direktur Walhi Babel , kaji dulu sebelum bicara!!!” cetus Deki yang geram dengan artikel yang dimuat oleh Mongabay.co.id.

Dirinya mengatakan , pembangunan Pabrik Wood chip itu sendiri dapat mengurangi kerusakan alam akibat pengrusakan hutan oleh galian penambangan yang mengeruk energi fosil sebagai bahan baku PLTU, dengan adanya teknologi Co-firing konsumsi energi fosil dapat dikurangi dengan mencampurkan energi fosil dengan wood chip sehingga dipastikan dapat mengurangi emisi karbon, penggunaan biomassa sebagai solusi energi alternatif itu nyata dan tidak palsu seperti yang dikatakan jessix.

” Transisi energi itu baik dan tidak merugikan masyarakat, penggunaan biomassa itu merupakan langkah bijak Pemerintah dalam mengurangi emisi karbon dunia, ketahui dulu biomassa itu apa dan seperti apa teknologinya, harusnya walhi Babel mendukung jika memang cinta lingkungan , bukan malah terkesan memprovokasi masyarakat dengan tuduhan yang tidak disertai data untuk menghambat program pemerintah, toh listriknya dipake juga kan oleh masyarakat dan Walhi Babel ??” sindirnya.

Sebagai ketua Ormas GM-PBB , Deki meminta Walhi Babel jangan menyulitkan investasi di Bangka, apalagi membuat pernyataan yang menggiring opini buruk terhadap co-firing PLTU, pahami dulu co-firing itu apa, biomassa itu apa,dan berikan edukasi ke publik dan jangan membenturkan program yang sudah dicanangkan pemerintah dengan masyarakat agar suhu kamtibmas di Babel ini tetap kondusif.

” Jangan menggiring opini buruk tentang program pemerintah yang baik, berikan edukasi kepada masyarakat dan jangan bikin gaduh,” tutupnya.

Perlu diketahui, dalam sebuah artikel yang dipublish di situs berita lingkungan Mongabay.co.id 17/7/2023, direktur Walhi Bangka Belitung mengungkapkan kekhawatirannya dengan co firing PLTU Air anyir yang dianggapnya akan merusak ekologi dan hutan. ( rd2)

Related Posts

1 of 714