Korem 045 Garuda Jaya Melaksanakan Simulasi Penanggulangan Bencana Banjir

PANGKALPINANG ,Asoirasipos.com- Komando Resor Militer (Korem) 045/Garuda Jaya (Gaya) melaksanakan simulasi penanggulangan bencana alam berupa banjir di Kelurahan Pintu Air  kecamatan Rangkui Taman  Mandara, Kota Pangkalpinang, Kamis(29/11/18).

Hal itu, kata Kepala Penerangan Korem (Kapenrem), Mayor Chb Nawawi, tak lain bertujuan untuk meningkatkan kualitas dalam penanggulangan maupun pasca bencana.

Bacaan Lainnya

“Latihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melatihkan unsur-unsur terkait agar selalu dapat bersinergi dan bekerjasama dalam mengantisipasi apabila terjadi bencana alam berupa banjir di daerah kita,” ujarnya dalam rilis yang diterima, Kamis (29/11).

Menurutnya, penanganan peristiwa bencana alam bukan hanya tanggung jawab sipil atau komunitas kemanusiaan semata, melainkan kerjasama antara TNI, Polri, pemerintah daerah, LSM dan organisasi-organisasi lainnya.

“Dalam pelaksanaannya, kita bersinergi dengan instansi terkait lainnya seperti Kepolisian, Basarnas, Tagana, dan lain sebagainya untuk saling melengkapi,” jelasnya.

Lanjut Nawawi, kerjasama dan koordinasi antar instansi maupun dengan unsur terkait sangat diperlukan agar kedepan tidak lagi merasa terdadak dan tergopoh-gopoh dalam menghadapi bencana banjir.

“Dengan diadakannya latihan penanggulangan bencana alam ini diharapkan mampu melaksanakan koordinasi, kerjasama terpadu pada proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan suatu operasi bersama pemerintah daerah atau kepolisian. Selain itu operasi penanganan bencana alam ini harus benar-benar dimanfaatkan dan dihayati untuk dapat menghasilkan produk yang aplikatif dan operasional,” tandasnya.

Kegiatan ini juga melibatkan tenaga kesehatan, Puskodal dan Dapur Umum lapangan yang dioperasikan sebagai pendukung.”( Ap/ red)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan