Pemprov Dukung Pengembangan Uji Coba Garam Kasar di Babel

PANGKALPINANG,Aspirasipos.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mendukung pengembangan uji coba garam kasar (Krosok) di Babel.

Hal itu diungkapkan Gubernur Babel, pada saat mendengarkan Paparan Produksi Garam dan pembangunan Pabrik Garam yang disampaikan oleh ISKINDO di Ruang Rapat Gubernur, Selasa (1/10/2019).

Berkenaan dengan rencana itu, Gubernur Erzaldi meminta agar DPW Iskindo mendampingi masyarakat dalam pengembangan produksi garam kasar tersebut, khususnya di Pantai Takari Desa Tebo Tanjung Ratu, Kabupaten Bangka, Provinsi Babel.

Bacaan Lainnya

“Kita akan mencoba Pengembangan Garam di Pantai Takari dulu dan perlunya pendampingan dari ISKINDO Babel,” ungkap Erzaldi.

Pesan Gubernur Erzaldi, ISKINDO Babel sebagai organisasi profesi, diharapkan adanya komitmen yang penuh dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat.

Sementara, Ketua DPW ISKINDO Babel, Andre dalam paparannya menyampaikan rencana pengembangan garam kasar yang telah dilakukan di Sumur Tujuh, Kabupaten Bangka Tengah.

Dari hasil uji yang telah dilakukan, dijelaskan Andre, dari 50 liter air laut akan menghasilkan 500 gram garam, dengan lokasi di Desa Rebo, Bangka.

Andre menyebutkan, pihaknya telah melakukan uji kadar garam di Desa Lubuk atas 10 liter air menghasilkan 200 gram garam kasar.

Selain itu, diungkapkan Andre, rekomendasi DPW ISKINDO Babel, dalam roadmap tahun 2019 -2020 adalah (fase inisiasi) kaji terap garam sampai dengan uji Lab.”( Ap/red)

Sumber: Humas Prov Babel
Penulis : Sentosa

Pos terkait

Tinggalkan Balasan