BeritaHonda BabelOtomotif

Pengendara Sepeda Motor Wajib Tahu ! Cara Aman Berkendara Ketika Berpuasa.

Advertisements

Aspirasipos.comhonda babel Tips Berkendara saat puasa dapat menjadi lebih melelahkan dibandingkan dengan hari-hari biasa. Kondisi berpuasa seringkali menyebabkan rasa lapar, penurunan gula darah, atau dehidrasi, yang dapat mengakibatkan hilangnya fokus, kelelahan yang cepat, bahkan kantuk dan kurang kesabaran.

Namun, itu tidak berarti Anda harus menghindari berkendara selama Ramadan, bukan? Sebaliknya, Anda harus meningkatkan kewaspadaan dan mempersiapkan diri agar kondisi berpuasa tidak mengganggu kemampuan Anda dalam berkendara.

Bagi yang masih aktif di luar ruangan dan menjalani puasa, menjaga kesehatan tubuh menjadi hal yang penting. Meskipun sedang berpuasa, itu tidak boleh menghalangi aktivitas, termasuk mengendarai sepeda motor. Namun, perlu lebih berhati-hati karena mengendarai motor merupakan kegiatan berisiko tinggi, dan kurang konsentrasi bisa berbahaya.

“ Ketika berpuasa sangat penting untuk selalu menjaga konsentrasi saat berkendara dan juga perkirakan kondisi fisik sebelum berkendara” Tutur Anggie Faeza Sirkandi selaku Instruktur Safety Indonesia Main Dealer Honda PT. Asia Surya Perkasa.

Untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan, simak tips berikut :

Jaga Pola Hidup yang Baik
Pastikan makan sahur dengan gizi yang cukup dan konsumsi multivitamin atau suplemen tubuh untuk menjaga kondisi tubuh. Persiapan sahur yang baik sangat penting untuk menjaga konsentrasi saat berkendara.

Istirahat yang Cukup
Sebelum berkendara, pastikan Anda mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup. Lakukan juga olahraga ringan untuk meningkatkan energi.

Pilih Rute dengan Bijak
Saat bepergian, pilihlah rute yang tepat. Pemilihan rute yang baik dapat mengurangi kelelahan akibat cuaca panas dan kemacetan.

Gunakan Perlengkapan Berkendara yang Aman dan Nyaman
Pastikan Anda menggunakan perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman, sehingga tubuh dapat merasa lebih rileks saat berkendara.

Kontrol Emosi
Penting untuk menjaga emosi saat berkendara. Kontrol emosi yang baik akan membuat suasana hati lebih baik sehingga berkendara menjadi lebih menyenangkan.

Sebaiknya hindari berkendara di siang hari yang terik, dan pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat saat sahur. Dengan asupan nutrisi yang baik, daya tahan tubuh dan konsentrasi akan tetap terjaga. Ketika berkendara tidak lupa dengan mengenakan riding gear seperti jaket dan helm. (Tips)

Iklan

Related Posts

1 of 696