Wakil DPR RI : Gubernur Babel Harus Berani  ” Tanahnya Kaya Rakyatnya Miskin”

PANGKALPINANG, Aspirasipos.com – Wakil Ketua DPR RIFahri Hamzah mengatakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung Harus Lebih Berani Meyampaikan ke  pusat agar hasil tambang  di kebalikan 80 persen untuk daerah ,dan  untuk Gubernur Babel harus berani mengambil sikap karena ia mempunyai kekuasaan ,jangan sampai  tanahnya kaya tepi rakyatnya miskin, kalau tanahnya kaya rakyatnya harus kaya.caranya kembalikan 80 persen itu ke daerah pengahsil tambang , Lebih lanjut perusahaan suasta yang menanam modal di daerah ini baiknya bisa membangun Babel  ,jangan hanya bisa mengabil hasilnya  saja.Tegas Fahri Hamzah.

Fahri mengungkapkan seharusnya Royalti diberikan kepada daerah penghasil tambang mencapai 80 persen. Buka  3 persen, hal ini tidak sebanding dengan kerusakan alam yang terjadi.seprti biaya Rekaferi pemulihan lingkungan baik darat ,sungai dan laut.

Ia  meminta daerah untuk lebih gencar lagi menlobi  hal ini ke pusat, menurut dia pemerintah pusat tidak boleh memonopoli hasil pertambangan ini.

Bacaan Lainnya
Fahri Hamzah Wakil ketua DPR.RI ,Dan Orasinya.

“Pemerintah pusat saya kira  selalu monopoli, semua pendapatan disetor ke pusat, seperti di Pulau Bangka ini dikeruk semua sumber daya alam hasilnya disetor ke pusat, sisanya 3 persen baru diberikan ke daerah,” ujarnya.

Ia menilai dengan kecilnya bagian yang diberikan kepada pemerintah daerah, menyebabkan tidak adanya tanggungjawab dari kerusakan lingkungan.”Kerusakan lingkungan tidak ada penanggungjawabnya, tapi kita yang ada di daerah inilah yang menanggungnya sebut wakil ketua DPR.RI

Anak-anak kita banyak yang tercebur dalam lobang tambang, tidak ada asuransi dan pertanggungjawaban. Ini terjadi hampir di semua daerah tambang di Indonesia, termasuk Sumbawa juga,” ujar Fahri  pada kunjunganya  di Provinsi Kepulauan  Bangka.Belitung .(1/12/2018)

Sebelum meningalkan  tempat kunjuganya ” Fahri  bahkan menantang dua calon presiden untuk berani memberikan hasil tambang itu ke daerah penghasil. “( Ap/ F1 /Her)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan